MEDAN - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IA Tanjunggusta kebanjiran pengunjung pada perayaan Natal tahun ini. Antrean panjang terjadi di loket registrasi dan penitipan barang, Minggu (25/12). Pengunjung secara tertib membentuk barisan sebelum diberikan kesempatan mengunjungi keluarga di dalam Rutan.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR), Nimrot Sihotang mengatakan, perayaan Natal kali ini, pengunjung diberikan kesempatan menjenguk keluarganya di dalam Rutan sesuai dengan perintah Menteri Hukum dan HAM dalam rangka pelayanan publik.

"Suratnya baru satu bulan yang lalu kita terima dan tahun ini juga baru kami jalankan. Jadi, pengunjung yang belum bisa berkunjung pada hari-hari tertentu karena mungkin sibuk, hari ini diberikan kesempatan," kata Nimrot.

Hamdan, satu dari ratusan pengunjung mengatakan, menggunakan kesempatan berkunjung di hari libur seperti perayaan Natal.

"Ya mumpung hari libur, kami datang kemari (rutan). Sudah satu bulan juga gak berkunjung. Mau lihat adik saya tertangkap kemarin kasus pencurian," ujar Hamdan saat duduk di kursi pengunjung.