MEDAN - Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Medan Kombes Pol. Sandi Nugroho menyiagakan sebanyak 2.300 personel yang akan disebar pada 540 gereja di wilayah Kota Medan sekitarnya. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi gangguan terhadap umat Kristiani yang menjalankan ibadah malam Natal, Sabtu, (24/12/2016). Informasi yang dihimpun, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho optimis bahwa perayaan Natal hingga Tahun Baru di Medan berlangsung aman dan lancar.

"Persiapan di sejumlah rumah ibadah, terminal, pusat perbelanjaan dan objek vital pada perayaan Natal dan Tahun baru sudah direncanakan dengan sebaiknya. Dari itu, saya jamin semuanya berjalan lancar," kata Kapolrestabes Medan.

Dia menyebutkan, Tim Jihandak dari Brimob Polda Sumut tengah melakukan sterilisasi pengamanan di seluruh geraja di Kota Medan untuk mengantisipasi adanya aksi-aksi teror pada ibadah Natal nantinya.

"Guna menciptakan rasa aman dan nyaman, 540 gereja yang ada di Kota Medan telah kita sterilkan," sebutnya. 

Mantan Kapolsek Medan Baru ini mengimbau kepada ormas atau kelompok tertentu agar jangan melakukan sweeping. Sebab, pihaknya akan menindak tegas pelaku sweeping saat ibadah Natal berlangsung.

Selain itu, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh personil atas pelaksanaan tugas kemarin. Malam ini adalah puncak ibadah. "Pastikan seluruh petugas pengamanan stasioner Ops Lilin Toba sudah masuk plottingnya di seluruh operasi. Tiap gereja/tempat pelaksanaan ibadah harus ada petugas polisinya," imbau Sandi. 

Ia juga meminta agar setiap petugas memastikan pelaksanaan tugas berjalan sesuai rencana. "Pastikan pengamanan, patroli kluster dan kawasan pemukiman telah berjalan sesuai rencana dengan buddy system telah menempati plottingnya," pintanya.

Tak lupa ia berpesan untuk memastikan kesiapan pengamanan Markas Komando (Mako). "Pastikan kesiapan Mako dan pelaksanaan filterisasi masuk ke Mako," pesannya. 

Pada bagian akhir, orang nomor satu di Kepolisian Resor Kota Besar Medan ini mengucapkan selamat natal bagi para anggota yang merayakannya.

"Selamat Natal bagi anggota yang merayakannya. Semoga damai dan kasih Tuhan selalu menyertai dalam kehidupan kita. Aamiin," ucapnya.