PEMATANGSIANTAR - Polres Pematangsiantar mengerahkan 800 personel TNI/Polri/Satpol PP serta ins­tansi lainnya, termasuk tenaga kesehatan, dalam mengaman­kan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017. Menurut  keterangan Kapol­res Pematangsiantar, AKBP Do­di Darjanto , sebanyak 300 orang di an­ta­ranya akan ditempatkan di 3 Pos Pengamanan (Pospam) dan 1 Pos Pelayanan (Posyan). Sedang sele­bihnya akan  ditu­gaskan untuk penga­manan di gereja-gereja saat perayaan Natal dan Tahun Baru (22/12)

Peserta apel terdiri dari pasukan Denpom I/1 Pema­tangsiantar , Korem 022/PT, Ko­dim 0207/SIM Polres, Sat­pol PP, Dinas Perhu­bungan, Pemadam Kebakaran, Badan Bencana, Bankom, Dinas Ke­sehatan serta Pramuka.

Dalam Apel Gabungan ini, Kapolres mem­bacakan ama­nat Kapolri, Jenderal Po­lisi M.Tito Karnavian,

Secara khusus,  Polres juga  sudah melatih ratusan Re­maja dan Pemuda Gereja (RPG) yang nan­tinya  akan  bertugas di gereja masing-ma­sing. Se­tiap saat, mereka dapat mela­por­kan kejadian atau hal-hal yang mencu­riga­kan kepada pihak kepolisian. Mereka  di­bekali sistem komunikasi yang terkoneksi langsung  ke  Polres.

“Dengan menggunakan no­mor khusus, dalam waktu 5 detik, polisi sudah bisa dapat laporan dari mereka, sehingga tindakan antisipatif bisa seke­tika dilakukan,” ujarnya.