BIREUEN - Aparat Brimob BKO dibantu anggota Polres Bireuen berhasil mengamankan ketua KIP Bireuen setelah massa mengepung kantor KIP setempat. Sebelumnya, massa yang mendatangi kantor KIP, tidak mendapat kata sepakat, bahkan sempat terjadi adu dorong dengan petugas yang berjaga di kantor tersebut. 

Kejadian tersebut berlangsung saat simulasi pengamanan menghadapi Pilkada 2017 mendatang, di halaman pendopo Bireuen, Jumat (23/12/2016).

Baca: Ini Kata Polda Aceh Terkait Pengerahan BKO untuk Pengamanan Pilkada

Diskenariokan, massa kembali beringas dan mengancam akan menculik ketua KIP Bireuen, lalu tim negosiator dari personel Polwan Polres Bireuen, berusaha meredam emosi massa namun gagal.

Dalam situasi yang menegangkan tersebut akhirnya berujung ricuh.

Dalam suasana itu, sejumlah personel Brimob dengan senjata lengkap berusaha masuk dan mengamankan ketua KIP Bireuen dari demonstran yang terus menduduku kantor KIP.

Baca: Ini Tanggapan FAKTA Terkait Dana Pengamanan Pilkada 

Kapolres Bireuen AKBP Heru Novianto kepada GoAceh menjelaskan, simulasi ini merupakan bentuk latihan persiapan pengamanan pilkada di Kabupaten Bireuen.

“Latihan yang telah dilakukan selama ini dapat diimplementasikan saat menghadapi pilkada serta saat pencoblosan nantinya,” katanya. 

Menurut Heru, sejumlah personel yang ada, baik Brimob BKO, personel Polres dibantu TNI akan tetap berkewajiban dalam pengamanan baik di TPS, kantor KIP hingga di titik rawan lainnya.

Baca: Polres Aceh Besar Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada