TEBINGTINGGI - Pemko Tebingtinggi bekerjasama dengan Polres dan Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine dan kondisi kesehatan para pengemudi serta melakukan cek kondisi kendaraan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) di terminal Bandar Kajum jalan Yos Sudarso Tebingtinggi, jumat ,(23/12/2016).

Pemeriksan terhadap ratusan supir dan bus itu disaksikan langsung oleh Kapolres AKBP Hj.Ciceu Cahyati, Pj Walikota diwakili Kadis Perhubungan Ir.Syafrin harahap, Kepala BNN kota Tebingtinggi Kompol Bambang Rubianto. Kasat Lantas AKP Imam Alriyuddin dan kepala Jasa Raharja

Kapolres menyebutkan pemeriksaan itu dilakukan guna memberikan kenyaman kepada para penumpang dan juga mencegah serta menekan angka keselakaan Lalin di jalan raya yang disebabkan kondisi bus yang kurang baik serta sopir bus yang kurang sehat.

" Seluruh pengemudi akan di cek urine dan kesehatannya, dan kita juga telah mempersiapkan obat dan vitamin bagi pengemudi yang sedang mengalami sakit atau kurang sehat, bila ditemukan pengemudi yang terindikasi positif mengkonsumsi narkoba dari test urine yang dilkukan maka kita akan menyerahkan penangananya kepada pihak BNN ” Ujar Ciceu Cahyati.

Dia juga menegaskan, bagi sopir yang positif narkoba akan dilarang meneruskan perjalanannya, begitu juga dengan kendaraan yang mengalami kerusakan dan tidak layak jalan dilarang untuk melanjutkan perjalanan, sedangkan pengemudi yang mengalami gangguangan kesehatan akan diberikan obat Neorebion dan vitamin agar kondisi tubuhnya kembali fit.

“ Disamping itu pihak Dishub dan Sat Lantas juga melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat surat kendaraan mereka, bila ditemukan melanggar aturan petugas langsung memberikan tilang teguran” Tambahnya.

Sementara dalam pemeriksaan unire yang dilakukan BNN, salah seorang Supir Bus KUPJ BK 7159 DN berinisial JPS (28) warga Pasar I B Kec Bandar Kab Simalungun terbukti positif mengkonsumsi narkotika golongan I jenis Sabu. kepada petugas, Jhon Piter mengakui jika dia pada malam sebelumnya telah mengkonsumsi narkotika jenis Sabu.

" Untuk sementara pengemudi ini akan kita amankan ke kantor BNN guna menjalani pemeriksaan" ujar Kepala BNN Kota Tebingtinggi Kompol Bambang Rubianto.