TAPTENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Tengah terus melakukan sosialisasi dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih dan kali ini pemilih pemula menjadi target lembaga itu untuk meningkatkan partisipasi pemilih.
“Ini dalam rangka upaya peningkatan partisipasi pemilih khususnya pelajar dan mahasiswa dalam pemilihan kepala daerah," kata Masril Rambe Devisi SDM, Parmas dan Kehumasan KPU Tapteng, Selasa di ruang kerjanya.
 
Ia mengatakan, pemilih pemula di Kabupaten Tapanuli Tengah pada Pemilukada tahun 2017 ada sekitar 10.000 jiwa, sementara pemahaman terkait tata cara dan mekanisme tentang itu belum sepenuhnya diketahui oleh pelajar dan mahasiswa. Untuk itu sangat penting diberikan pendidikan khusus.
 
“Pemilih pemula merupakan pemilih yang berusia 17 sampai dengan 21 tahun. Dengan demikian, pelajar SMA dan mahasiswa termasuk ke dalam kategori pemilih pemula. Sosialisasi ke sekolah-sekolah dan kampus akan terus kita lakukan. Tujuannya, agar partisipasi pemilih pemula pada Pemilukada yang akan datang dapat terserap,” ujarnya.
 
Lebih lanjut, Masril menyampaikan, sebahagian pemilih pemula telah mengetahui tentang pilkada, tetapi perlu sosialiasi yang lebih mendetail. Misalnya, tentang hari dan tanggal pemilu, tahapan pelaksanaan pilkada, cara mencoblos, dan sebagainya. Agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan pelaksanaan sosialisasi pilkada terhadap pemilih pemula perlu dilakukan dengan cara yang cerdas, menarik, kreatif, dan disesuaikan dengan gaya hidup anak muda
 
Ditambahkannya, sosialisasi terhadap pemilih pemula mutlak diperlukan. Jika sosialisasi tidak dilakukan secara optimal dan tepat sasaran, maka akan beresiko, terhadap pemilih pemula yang akan menjadi sarana eksploitasi peserta pilkada.
 
Untuk tahap awal ini, KPU Tapanuli Tengah melaksanakan sosialisasi kepada dua sekolah yaitu SMAN 1 Barus dan SMAN 1 Andam Dewi yang telah di laksanakan pada hari Jumat dan Sabtu kemarin dengan narasumber Komisioner KPU Tapteng, dan akan kita lanjutkan lagi keseluruh sekolah SMA/SMK dan Perguruan Tinggi yang ada di Tapteng.