PADANG LAWAS - Bupati Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap bersama Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Rony Samtana, S.Ik, MTCP Senin (19/12/2016) melakukan monitoring pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2016.

Pantauan GoSumut, kegiatan monitoring Pilkades yang didampingi Asisten Pemerintahan Setdakab Palas GT Hamonangan Daulay dan Kakan Satpol PP Palas Roni dimulai dari desa Sibuhuan Julu, desa Tanggabosi dan desa Janji Lobi Kecamatan Barumun.

Sementara, Wabup Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu C Ht bersama pimpinan SKPD lainnya melakukan monitoring Pilkades diseluruh desa eks kecamatan Sosa, Sekdakab Palas Syamsul Anwar Lubis melakukan pemantauan di Kecamatan Lubuk Barumun, dan Inspektur Palas Arpan melakukan monitoring di Kecamatan eks Barumun Tengah.

Dalam kesempatan itu, Bupati Palas H Ali Sutan Harahap memberikan himbuan kepada seluruh panitia Pilkades supaya melaksanakan Pilkades dengan penuh rasa tanggung jawab, sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan harus bisa menunjukkan sikap kenetralan selama berlangsungya Pilkades.

“Seluruh masyarakat yang memiliki hak suara wajib diberikan kesempatan, selagi masih yang bersangkutan berdomisili dan bereencana hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) silahkan tunggu, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Layani masyarakat dengan penuh ketulusan dan keikhlasan,”ungkapnya.

Kepada masing-masing calon kepala desa (Cakades) dan tim sukses, Bupati berpesan supaya menanamkan kepribadian siap kalah dan siap menang. Siapapun yang terpilih diantara kalian, jangan menjadi ajang pemutusan jalinan silaturrahim antar sesama warga.

“Bagi yang kalah, diharapkan menjadikan kesempatan itu sebagai keberhasilan yang masih tertunda. Begitu juga yang menang jangan berbangga hati, tugas anda sangat berat kedepan yaitu menjadi pelayan masyarakat bukan untuk dilayani, dan wajib merangkul Cakades yang kalah,”kata Pria yang akrab disapa TSO itu.

Secara terpisah, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Rony Samtana, S.Ik, MTCP menyatakan dalam pengamanan Pilkades serentak Kabupaten Palas, pihaknya menugaskan sebanyak 350 personel Polres Tapsel.

“Alhamdulillah, sesuai laporan anggota dilapangan, proses Pilkades di Kabupaten Palas ini berjalan aman dan lancar, tanpa ada konflik. Berarti ini menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat akan berpolitik yang nyaman dan tentram sudah meningkat,”ungkap Pria lulusan AKABRI Tahun 1996.

Kendatipun demikian katanya, seluruh panitia Pilkades diimbau agar sewaktu pembukaan kotak suara, melakukan musyawarah dulu dengan para Cakades. Seluruh keputusan yang diambil harus benar-benar hasil kesepakatan bersama antara panitia dengan Cakades.

Asisten Pemerintahan GT Hamonangan Daulay mengatakan 106 desa didaerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang mengikuti Pilkades serantak itu sesuai dengan Keputusan Bupati Palas Nomor : 144/447/KPTS/2016 tentang penetapan desa Pilkades dalam Kabupaten Palas tahun 2016.

Diterangkannya lagi, seluruh desa yang mengikuti Pilkades serentak itu merupakan tindak lanjut dari kepala desa yang masa jabatannya sudah berakhir, ditambah dengan desa yang kepala desanya sudah diangkat penjabat.