MEDAN - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) resmi mengumumkan pelamar Calon Asisten (Calas) yang lulus seleksi berkas. Demikian halnya dengan ORI perwakilan Sumatera Utara.

Informasi yang diperoleh dari kantor perwakilan ORI Sumut, Jum'at, (16/12/2016), sebanyak 557 Calas Ombudsman lulus seleksi pemberkasan.

Kepala ORI perwakilan Sumut, Drs. Abyadi Siregar yang dikonfirmasi seputar hal tersebut membenarkan tentang pengumuman Calas lembaga negara yang dipimpinnya. "Benar, dari 1000 lebih jumlah pelamar, hanya 557 Calas yang lolos seleksi pemberkasan," kata Abyadi yang didampingi asisten Ombudsman Sumut.

Lanjut Abyadi, untuk tahapan berikutnya, para peserta yang lulus seleksi berkas akan mengikuti ujian pada Senin, 19 Desember 2016 bertempat di Asrama Haji Medan pukul 07.00 Wib. "Bagi Calas yang lulus seleksi berkas dapat mengikuti ujian yang akan betlangsung di Asrama Haji hari Senin mendatang," jelas Abyadi.

Lebih lanjut orang nomor satu di ORI Sumut ini mengungkapkan, para Calas yang ingin mengetahui informasi kelulusan seleksi berkas dan informasi terkait rekrutmen dapat mengaksesnya di www.ombudsman.go.id. "Untuk informasi terkait rekrutmen, bisa diakses di situs resmi Ombudsman," tandas Abyadi.

Informasi sebelumnya, guna mengawasi pelayanan publik yang bebas dari maladministrasi, ORI merekrut 208 asisten untuk ditempatkan di kantor perwakilan Ombudsman seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

Dari 208 komposisi asisten yang ada, untuk Sumut sendiri akan direkrut tujuh orang asisten. Sementara
yang melamar untuk Calas ini lebih dari 1000 orang. Sedangkan yang lulus seleksi berkas hanya 557. Berarti, persaingan akan sangat ketat. Karena, sebanyak 550 Calas yang lulus berkas akan tersingkir.