PADANG LAWAS-Diperkirakan mencapai 200 orang anak umat kristiani akan mengikuti natal sekolah di gereja Huria Kristen Batak Protestam (HKBP) Sibuhuan. Natal anak sekolah itu akan berlangsung pada tanggal 17 Desember 2016 mendatang.

Wes Haystead dalam bukunya yang berjudul "Teaching Your Child About God" mengemukakan beberapa ide/cara dalam menyampaikan Berita Natal agar bermakna secara rohani kepada anak-anak.

“Diantaranya, sikap orang dewasa (guru sekolah, red), palungan, dekorasi, pesta ulang tahun, buku-buku bergambar, televise dan video, menyanyikan lagu-lagu natal, dan hadiah natal,”kata Pimpinan Jemaat Gereja HKBP Sibuhuan St P Sihaan kepada GoSumut Jumat (9/12/2016).

Dijelaskan, perayaan natal sekolah ini supaya lebih bermakna secara rohani dan dapat dipahami anak-anak, pihak panitia akan mengajak dan melibatkan seluruh guru sekolah minggu untuk terlibat dalam merencanakan dan menyelenggarakan Perayaan Natal tersebut.

“Kita akan membuat jadwal pertemuan untuk merencanakan Perayaan Natal tersebut. Pada pertemuan itu akan diskusikan dan menentukan tempat dan waktu yang tepat bagi perayaan Natal (hari, tanggal, jam), Tema, Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran perayaan Natal,”ungkspnys.

Untuk tahun 2016 ini kata Sihaan, diperkirakan seluruh anak dari umat kristiani di Kabupaten Palas akan memaknai natal sekolah tersebut, tanpa harus pulang kekampung halaman mereka masing-masing.

“Kita sudah sepakat, perayaan natal sekolah yang sudah direncanakan panitia akan lebih bermakna dan lebih meriah dari tahun kemarin. Untuk itu, kita meminta Pemkab Palas untuk ikut memberikan bantuan didalam mensukseskan perayaan natal sekolah tersebut,”jelasnya.

Sementara itu kata Sihaan perayaan natal dewasa akan dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2016 mendatang, dan perayaan natal oikumene (secara bersama-sama umat kristiani dan Pemkab Palas, red) akan berlangsung pada Sabtu (10/12/2016) mendatang.