PIDIE JAYA- Data terakhir yang dihimpun dari Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulan Bencana Aceh (BNPD), hingga pagi ini Jumat (12/9/2016) jumlah korban yang meninggal menjadi 114 orang. Korban luka 589 orang, diantaranya 127 orang luka berat dan 462 luka ringan.

Begitu juga dengan infrastruktur bangunan publik, seperti rumah ibadah yang rusak parah sebanyak 13 unit. Rumah yang rusak berat sekitar 106 unit. Toko 105 unit.

Berdasarkan pantauan Gosumut,hingga tadi malam pembersihan bangunan runtuh terus dilakukan oleh ribuan personel gabungan dari BPBD, TNI, POLRI, BASARNAS, TAGANA, relawan dan masyarakat. Proses pembersihan sempat terkendala karena listrik padam.

"Untuk kondisi terkini. kemarin BNPD sudah diaktifkan yang lokasinya di kantor Bupati Pidie Jaya. Hingga saat ini pengungsinya 11.142 jiwa. Pengungsi tersebar di rumah saudara mereka, kerabat dan di 28 titik posko pengungsian yang ada di Kabupaten Pidie Jaya,"ungkap Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

Sutopo membenarkan tadi pagi pukul 8.00 WIB Presiden Djoko Widodo telah mendarat di Pidie Jaya untuk memantau kondisi pengungsian dan tentang penanganan tanggap darurat terhadap korban gempa.