PADANG LAWAS - Direncanakan sabtu depan, perayaan natal oikumene Kabupaten Padang Lawas (Palas) Tahun 2016, dipusatkan di gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Hutaraja Lama Kecamatan Sosa Kabupaten Palas.

“Tahun 2015 yang lalu, perayaan natal oikumene Palas itu berlangsung di Gereja Kristen Indonesia (GKI) unit III Aliaga Kecamatan Hutaraja Tinggi,” ungkap Pimpinan Jemaat HKBP Hutarja Lama Pariang Lubis kepada GoSumut Senin (5/11/2016).

Dijelaskan, pihaknya sudah mendapatkan infromasi dari panitia perayaan natal oikumene Palas, bahwa Tahun 2016 ini natal oikumene Palas diselenggarakan di gereja HKBP Hutaraja Lama.

“Seperti perayaan natal oikumene tahun sebelumnya, pihak panitia juga merencanakan akan mengundang Pemkab Palas dalam hal ini Bupati, Wakil, dan Sekda Kabupaten Palas, pimpinan gereja, tokoh-tokoh agama, dan anggota jemaat,” jelasnya.

Pariang mengajak seluruh umat kristiani di kabupaten Palas diharapkan dapat memberikan contoh teladan didalam kehidupan sehari-hari, utamanya peningkatan kerukunan umat beragama.

“Umat kristiani wajib ikut berperan aktif didalam meningkatkan tolerasni umat beragama, setelah itu akan menjadi miniaturnya Kabupaten Palas, yang selama ini kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Palas sangat kondusif,” sebutnya.

Pernyataan senada juga diungkapkan Wabup Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt. Dia menghimbau seluruh umat kristiani se-Palas untuk dapat membangun paham keagamaan dengan penuh toleransi, sehingga dapat membangun sebuah peradaban yang unggul dan mulia serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kecerdasan otak, kecerdasan emosional dan kecerdasan spritual, sangat dibutuhkan didalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Diantar ketiganya, kecerdasan spritual  lah yang menjadi pondasi dasar seseorang,  sesuai dengan pepatah, menjadi tua itu pasti, menjadi bijak itu pilihan,” terangnya.

Karena kehidupan adalah pilihan, maka Wabup mengajak agar menjadi pribadi yang baik serta bermanfaat bagi orang lain demi mewujudkan cita – cita menjadi Palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya.