MEDAN - Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin ikut bergotong royong dengan warga di Jalan Pembangunan, Kelurahan Padang Bulan Selayang I, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (3/12/2016).

Dengan mengenakan busana olah raga, keduanya berbaur bersama warga dan ibu-ibu TP PKK Kecamatan Medan Selayang yang sedang bekerja membersihkan lingkungan sekitar, terutama parit dan Sungai Putih yang mengalami pendangkalan akibat sendimentasi.

Tanpa canggung, Hj Rita mengorek parit dengan menggunakan garukan untuk mengangkat sampah bercampur dari dalam parit. Rita juga yang memulai penanaman pohon di pinggiran Sungai untuk menghijaukan kembali bantaran sungai.

Kehadiran Eldin dan Rita Maharani ini kian menambah semangat warga dalam bergotong royong. Apalagi Wali Kota langsung memerintahkan Kadis Bina Marga Kota Medan, Khairul Syahnan menurunkan alat berat untuk mendukung pengorekan Sungai Putih. 

Tidak lama berselang mini escavator dan spider escavator tiba di lokasi. Pengerukan Sungai Putih pun dilakukan di bawah amatan langsung Wali Kota dan Kadis Bina Marga. Selama ini telah terjadi pendangkalan akibat sendimentasi yang parah. Dengan menggunakan alat berat pekerjaan pun menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain melakukan pengerukan Sungai Putih, petugas Dinas Bina Marga juga menormalisasi parit yang sudah tertutup tanah yang lokasinya berseberang dengan Sungai. Dengan alat berat yang diturunkan, keadaan parit tersebut pun normal kembali.  

Usai gotong royong, Eldin mengharapkan, ibu-ibu TP PKK terus proaktif mengajak dan bersama warga bergotong-royong membersihkan lingkungan, menimal seminggu sekali sehingga kebersihannya selalu terjaga.

“Pemko sangat mengapresiasi peran ibu-ibu PKK dalam berpartisipasi menggerak warga bergotong royong. Kita harapkan, aksi ibu-ibu PKK dan warga ini dapat diteladani oleh komponen masyarakat lain. Dengan demikian, gotong-royong kembali menjadi budaya di tengah-tengah masyarakat,” kata Eldin.

Eldin juga mengimbau agar warga dapat menjaga hasil gotong royong ini dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan dan kian menyuburkan rasa memiliki terhadap kota ini.Untuk itu Elduin minta Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis, lurah dan kepala lingkungan terus melakukan pengawasan.

“Medan Rumah Kita. Karena itu, sudah menjadi kebutuhan kita untuk menjaga merawat rumah ini agar menjadi tempat tinggal yang nyaman. Saya minta camat, lurah dan kepling jangan pernah bosan mengajak warga untuk gotong royong. Mari kita jadikan gotong royong menajdi budaya dalam kehidupan sehari-hari,” pesannya.

Sementara itu Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin menambahkan, gotong royong ini dilakukan sebagai wujud kepedulian dan dukungan kepada Pemko Medan untuk menjadikan Kota Medan lebih bersih.

“Melalui TP PKK yang ada di kecamatan dan kelurahan, kita menggelorakan kembali semangat gotong royong. Insya Allah jika kita rutin melaksanakan gotong royong, maka Kota Medan akan lebih bersih lagi ke depannya,” ungkap Hj Rita.

Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Wali Kota dan Ketua TP PKKikut gotong royong bersama warga. “Terus terang kehadiran Pak Wali dan Ketua TP PKK membuat warga semakin bersemangat bergotongroyong. Seluruh jajaran Kecamatan Medan Selayang sudah bertekad menjadikan gotong sebagai kegiatan rutin setiap minggunya,” ujar Sutan.