JAKARTA - Data sementara dari pihak kemanan yang bertugas menjaga pintu masuk Masjid Istiqlal, saat ini jumlah massa aksi 212 dari berbagai daerah sudah mencapai kurang lebih 3.500 orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah dan diperkirakan bisa mencapai 5.000 massa.

Hal ini diungkapkan oleh petugas kemanan dari TNI, yakni Letkol Inf Sugeng, kepada GoNews.co, Kamis (1/12/2016) malam.

"Kita perkirakan jumlah ini akan terus bertambah. Karena yang hadir baru rombongan-rombongan kecil, sementara informasinya bakal ada beberapa bus yang bakal datang," ungkap Sugeng.

Selain memantau dan mendata jumlah massa, pihaknya juga bekerjasama dengan tim relawan dan medis, memberikan layanan gratis pemeriksaan kesehatan.

Dari pantauan GoNews.co, ada sekitar 6 mobil ambulance yang terparkir di beberapa sudut Masjid. Dua diantaranya berada persis di depan pintu gerbang.

Beberapa jamaah yang merasa kelelahan akibat perjalanan jauh juga langsung berbondong-bondong memeriksa kesehatannya. Sementara salah satu petugas medis mengatakan, rata-rata keluhan para jamaah adalah dihidrasi dan kecapean.

Bahkan beberapa diantaranya juga terdapat salah satu peserta yang mengalami radang tenggorokan dan gangguan pada mata, yang diakibatkan masukknya debu jalan. ***