JAKARTA - Grand Master Utut Adianto tak berambisi memimpin Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) dalam Musyawarah Nasional (Munas) PB Percasi yang digelar Juli 2017.

Padahal, Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini telah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PB Percasi oleh Ketua Umum PB Percasi, Hashim S Djojohadikusumo sejak 19 Oktober 2016.

"Saya ditunjuk jadi Plt Ketua Umum PB Percasi karena pak Hashim S Djojohadikusumo terlalu sibuk dan tidak punya waktu. Tetapi, saya tidak berambisi menjadi ketua umum PB Percasi. Yang penting, bagi saya program pembinaan dan pelakasanaan kejuaraan nasional bisa berjalan," kata Utut Adianto yang ditemui pada acara pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur Junior di Gedung Pusdiklat Mendikbud Sawangan Depok, Minggu (27/11/2016) malam.

Ketika ditanyakan bagaimana jika peserta Munas menginginkan? "Figur ketua umum PB Percasi itu syaratnya harus berkualitas karena memimpin olahraga itu membutuhkan dana yang cukup. Jadi, saya memberikan kesempatan bilamana ada calon lain yang bersedia. Ya, kalau tidak ada calon lain ya apa boleh buat," jawabnya.

Kejurnas Catur Junior yang diikuti 450 pecatur dari 24 Provinsi ini akan berlangsung 27 Nopember hingga 2 Desember 2016. Bersamaan kejurnas catur junior juga akan digelar penataran wasit catur dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang membahas program kerja dan pelaksanaan Munas PB Percasi Juli 2017. ***