PADANG LAWAS - Untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ( HKN), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Lawas (Palas) dan jejaringnya menggelar berbagai kegiatan seperti perlombaan cuci tangan ceria. Kadis Kesehatan Palas Leli Ramayulis kepada GoSumut Kamis (24/11/2016) mengatakan thema yang diusung 'Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Indonesia Sehat' pada peringatan HKN tahun 2016 ini bertujuan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih sesuai pencanangan pemerintah.

“Sejalan dengan visi misi Bupati Palas H Ali Sutan Harahap untuk mewujudkan masyarakat sehat, maka kita melaksanakan kegiatan perlombaan cuci tangan ceria ini sebagai salah satu langkah petugas kesehatan mensosialisasikan gerakan tentang tata cara mencuci tangan yang baik sesuai dengan anjuran kesehatan,” ungkapnya.

Selain itu kata Leli, petugas harus dapat mengimplementasikan praktik tentang 7 langkah cuci tangan yang baik dikalangan masyarakat. Dan sesuai thema gerakan masyarakat hidup sehat dengan melibatkan elemen masyarakat untuk mengkampanyekan tentang penerapan pola hidup sehat menuju indonesia sehat.

"Kegiatan perlombaan cuci tangan ceria ini diikuti 22 peserta terdiri dari peserta RSUD Sibuhuan, seluruh Puskesmas, Akbid Husada Barumun, Tim Nusantara Sehat, Angggota Pramuka Bakti Husada, dalam rangka memeriahkan peringatan HKN tahun 2016 yang direncanakan puncak peringatan akan dilaksankan Rabu ( 30/11/2016), " kata Leli didampingi Sekretarisnya dr Ummi Sahara dan Kasi Yankes Iskandar Zurkarnain. 

Dijelaskan, untuk pengumuman pemenang perlombaan dari semua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan akan diumumkan pada hari puncak peringatan HKN, sekaligus penyerahaan tropi dan hadiah bagi setiap pemenang yang direncanakan diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati palas H. Ali Sutan Harahap (TSO).

“Bertepatan dengan peringatan HKN juga dilaksankan perlombaan jalan santai dan bakti sosial sikat gigi massal yang berkaitan dengan  gerakan masyarakat hidup sehat menuju indonesia sehat” tandasnya menutup.