PADANG LAWAS-Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Padang Lawas (Palas) Drs Abdul Rahim Hsb menyatakan guru sekolah dasar (SD) dan SMP se-kabupaten Palas diberikan pelatihan karakter. Pelatihan itu bertujuan untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan diKabupaten Palas khususnya terhadap tenaga pengajar untuk mencapai  peningkatan kualitas pendidik yang berkualitas.

 “Salah satu faktor yang dinilai sangat penting untuk meningkatkan kualitas guru melalui  pelatihan pendidikan karakter bagi guru,”ungkapnya kepada GoSumut Sabtu (19/11/2016).

 Dijelaskan, peningkatan karakter guru itu sebagai ujung tombak kualitas pendidikan itu sangat lah penting. Tentunya jika karakter telah dibangun, kesejahteraan guru juga akan mengikuti.

“Dan ini sudah menjadi target kita terhadap guru, karena langkah ini juga menjadi salah satu upaya untuk menerapkan pendidikan karakter disetiap satuan pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Palas,”sebutnya.

Kemudian ouputnya kata Abdul Rahim, disetiap sekolah bisa diterapkan pendidikan berkarakter. Kemudian kita akan evaluasi sejauh mana nantinya penerapan pendidikan karakter itu di sekolah masing-masing.

“Selain itu guru kelas dan guru bidang study  jadi berkualitas dan mampu menerapkan sistem pembelajaran secara profesional, melalui pembekalan kepada peserta tentang pembangunan karakter (caracter building).

“Strategi penuangan pendidikan karakter dalam RPP, pengembangan pembelajaran berbasis pendidikan karakter, dan literasi dan budi pekerti. Pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional dalam mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab,”terangnya.

Lebih dari itu Abdul rahim juga mengtakan kegiatan yang menghadirkan narasumber Burhanuddin Nasution MPd (dosen UGN Padang Sidimpuan, Nova Christina Dewi MPd (dosen UGN Padang Sidimpuan , Zufri Nasution SPd (Sekretaris Disdik ), dan Drs H Rukhiman (koordinator pengawas dikmen).