MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) T Erry Nuradi menerima buku Zero Accident sekaligus dirangkai dengan pelepasan Kirab Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) di depan kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Sabtu (19/11/2016).

Rombongan Kirab Kadet AAL diterima langsung Gubsu bersama Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan, Wakapoldasu Brigjen Pol Adhi Prawoto, mewakili Pangdam I/BB, mewakili Pangkosek Hanudnas III serta unsur Forkompida Sumut. 

Pemprovsu bersama masyarakat, kata Erry Nuradi khususnya masyarakat pengguna laut menyampaikan terimakasih kepada staf angkatan laut, panglima komando armada RI kawasan barat dan Komandan lantamal 1 atas penyerahan buku panduan berlayar dengan aman.

"Dengan buku ini kita selaku masyarakat pengguna laut harus lebih cermat dan berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan," tandas Gubsu.

Buku zero accident ini menjadi panduan bagi masyarakat pengguna laut saat beraktifitas di laut, lanjutnya sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan di laut. Selain itu Gubsu juga mengucapkan dirgahayu Armada Republik Indonesia yang jatuh tanggal 5 Desember mendatang. 

Ada 96 kadet AAL angkatan ke LXII tahun 2016 sedang dalam pelayaran dengan rute Surabaya, Jakarta, Lampung, Babel, Batam, Dumai, Sabang dan akhirnya singgah di Belawan setelah berlayar selama 21 hari dengan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI TMR - 514) dipimpin langsung Kolonel Laut (P) Eko Wahyono sebagai Perwira Penuntun (Patun) dalam rangka melaksanakan kegiatan Latihan Satlat Jala Yudha tahun 2016.