JAKARTA - Surat yang diterbitkan Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia Korps Brimob tertanggal 28 Oktober 2016 yang menyebutkan saat ini sedang kondisi Siaga I beredar luas di masyarakat, Sabtu (29/10/2016).

Foto surat pemberitahuan yang bertandatangan Wadan Korps Brimob Polri, Brigadir Jendral Anang Revandoko itu menyebutkan, kondisi siaga I untuk menghadapi kontijensi konflik sosial tahun 2016.

Dalam poin dua rujukan surat nota dinas Nomor: B/ND-35/X/2016/Korbrimob itu dijelaskan, disampaikan kepada pada As/Dan/Ka, bahwa dalam rangka antisipasi gangguan kamtibmas di seluruh wilayah NKRI dan mengantisipasi perkembangan situasi di lapangan, maka perlu Dinyatakan Siaga I, diulang kembali Dinyatakan Siaga I. Demikian bunyi surat nota dinas tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting membenarkan bahwa Polda Sumut ikut Siaga I jelang demo besar-besaran yang rencananya digelar 4 November mendatang.

"Benar, kita ikut Siaga I. Suratnya sudah kami terima dari Mabes Polri," kata Rina via telepon, Sabtu (29/10/2016) siang.

Disinggung apa saja persiapan Polda Sumut untuk menghadapi 4 November mendatang, dan berapa jumlah personel yang akan dikerahkan, Rina menyebut belum bisa memastikannya. "Saya akan koordinasi terlebih dahulu dengan Karo Ops. Nanti akan saya informasikan lebih lanjut," ungkap Rina.

Aksi unjuk rasa nantinya berfokus di Balai Kota, Jakarta Pusat, akan menuntut penegakan hukum terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. ***