PADANG LAWAS - Anggota KPUD Kabupaten Padang Lawas (Palas), Rahmat H Daulay, menyatakan proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Palas masih dalam tahap pengusulan anggaran. “KPU Kabupaten Palas sudah mengusulkan anggarannya ke Pemkab Palas. Alhamdulillah sudah ada titik temu dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), tetapi saat ini masih dalam tahap penyesuaian,” ujar Rahmat kepada GoSumut, Jumat (28/10/2016).

Untuk tahapan Pemilukada Kabupaten Palas, kata dia, akan dimulai pada bulan September 2017. Makanya, sesuai hasil koordinasi dengan Sekdakab Palas, anggaran Pemilukada Palas baru akan ditampung di PAPBD tahun 2017.

“Kemungkinan anggaran Pemilukada Palas akan dianggarkan dua kali. Pertama ditampung pada PAPBD 2017, dan dianggarkan juga pada RAPBD tahun 2018. Kondisi demikian terjadi karena Pemilukada Palas akan berlangsung pada bulan Juni tahun 2018," tandasnya.

Menurut Rahmat, anggaran pemilukada yang diajukan itu sebanyak Rp 36 miliar. Itupun belum bisa dipastikan berapa realisasi anggaran yang diberikan. Srbab, hal ini tergantung dari kondisi anggaran Pemkab Palas.

Rahmat juga belum bisa memastikan tanggal pasti dari pemilukada tersebut. Hanya saja, ujar dia, Pemilukada Palas bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) di bulan Juni 2018.

“Anggaran Pemilu Gubernur itu dianggarkan di Provinsi Sumatera Utara, nanti anggaran dari provinsi dan APBD Kabupaten Palas itu akan dibagi-bagi pos anggarannya. Misalnya, keperluan logistik ditampung provinsi, dan biaya Bimtek dan panitia penyelenggara pemilu ditampung pada APBD Kabupaten Palas,” imbuh Divisi Teknis penyelengara pemilu itu.