MEDAN - Laskar 71,91 merupakan komunitas relawan yang bergerak di bidang sosial dan  lingkungan khususnya peduli dengan daerah Sungai Deli.
 
”Laskar ini bertujuan untuk menambah amunisi relawan melalui aktivitas jurnalistik. Angka 71,91 berasal dari panjangnya Sungai Deli,” ungkap Ahmad Hakiki, Ketua Laskar  71,91 saat dihubungi Go Sumut, Selasa (25/10/2016).

Dia juga menambahkan awalnya laskar  ini terbentuk oleh inisiatif  beberapa pemuda yang melirik potensi Sungai Deli sebagai salah satu masalah lingkungan dan sosial. “Untuk perekrutan relawannya dengan cara melaksanakan kegiatan pelatihan dan workshop. Di saat kegiatan workshop inilah momen para relawan berkumpul menuangkan ide-ide mereka  untuk menjaga lingkungan khusunya Sungai Deli.  Hingga saat ini sudah angkatan kelima yang terekrut,” tambahnya.

Lebih lanjut, para relawan akan diberi materi mengenai jurnalistik lingkungan dan pariwisata.  Kemudian setelah itu mengadakan turun lapangan menyusuri Sungai Deli untuk mengangkut sampah-sampah yang terapung di perairan.

“Harapannya semoga masyarakat sekitar lebih peduli terhadap keadaan Sungai Deli yang saat ini dijadikan lokasi pembuangan sampah di beberapa titik. Sehingga jika Sungai Deli bersih dan indah akan banyak memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar itu sendiri," katanya lagi.

Seorang relawan Sungai Deli, Ahari Ardiansyah asal Kabupaten Langkat menuturkan merasa terpanggil untuk ikut serta menjadikan Sungai Deli sebagai ikon Kota Medan. “Tentu caranya dimulai dengan menjadikan Sungai Deli yang bersih dan asri,” ungkapnya di sela-sela kegiatan rutin komunitas tersebut.