MEDAN-Fasilitas publik di Medan banyak yang diabaikan dan tidak dirawat sama sekali. Pantauan Go Sumut, Rabu (12/10/2016) fasilitas publik seperti halte, trotoar dan fasilitas olahraga di beberapa taman banyak yang tidak terawat dan terkesan dibiarkan. Menurut salah seorang warga Kota Medan, Naurat Silalahi Pemko Medan terkesan hanya menyediakan fasilitas publik tapi tidak ada upaya untuk memelihara dan merawatnya.

“Di kota Medan banyak halte yang beralih fungsi dan tidak digunakan sesuai peruntukannya. Ada halte yang sudah berubah menjadi tempat berjualan, atau propertinya sudah rusak dan dibiarkan berkarat. Sama halnya dengan fasilitas jembatan penyeberangan yang ada di Medan terkesan hanya tempat papan reklame sementara jembatan penyeberangannya sudah tidak difungsikan lagi,” kata Naurat.

Fasilitas publik sebagai hak publik, kata Naurat harus jadi perhatian Pemko Medan dalam merawat dan memperbaikinya jika rusak. Jangan hanya merancang dan membangunnya saja tanpa ada upaya untuk melakukan maintenance (perawatan).

Halte sebagai tempat perhentian kendaraan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang cenderung tidak berfungsi karena penumpang dan angkutan umumnya juga tidak disiplin dalam mematuhi aturan lalu lintas.