BINJAI -Pemerintah Kota (Pemko) Binjai tengah gencar melakukan pembersihan tumpukan sampah yang berada di bawah kolong jembatan Sei Mencirim di Jalan Diponegoro, Kelurahan Binjai Timur, Binjai.  

Wali Kota Binjai, M Idaham mengatakan, pembersihan tumpukan sampah yang dilakukan oleh puluhan personel BPBD Kota Binjai, untuk meminimalisir potensi terjadinya banjir.

“Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Dimana ada beberapa titik yang kita perkirakan mengalami penyempitan di bibir sungai. Dan ditambah lagi tumpukan sampah yang menggunung seperti ini, “ kata Idaham, yang ditulis Rabu (12/10/2016).

Menurutnya sampah yang menggunung di bawah kolong jembatan berasal dari kawasan hulu sungai yang dibawa arus. Tumpukan sampah itu sendiri diperkirakan akibat tingginya debet air sungai.

“Makanya itu sampah-sampah ini harus segera dibersihkan untuk mencegah banjir dan juga menjaga jembatan agar tidak rusak, “ ucapnya.

Sebagai langkah awal, ia meminta masyarakat, untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah terkait masalah penanggulangan musibah banjir. Selain membangun sinergitas dengan pemerintah, masyarakat juga diminta selalu menjaga kebersihan dan melaporkan apabila mengalami persoalan drainase.