MEDAN - Detik-detik akhir menjelang penilaian Akreditasi Versi 2012 yang dilakukan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Direktur RSUD dr Pirngadi Medan, dr Edwin Effendi mengajak seluruh pegawai untuk terus bekerja keras. Sebab, dengan bekerja keras, peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit, dapat tercapai. “Jadikanlah rumah sakit ini sebagai rumah kita sendiri. Bekerja keras demi tercapainya akreditasi,” ujar Edwin, Senin (3/10/2016) di ruang kerjanya.

Menurut Edwin, penilaian ini akan dilakukan Tim KARS selama empat hari ke depan. “Pada hari ini (kemarin, red), Pirngadi akan dilakukan penilaian akreditasi oleh TIM KARS sebagai surveyor untuk mensurvei akreditasi rumah sakit. Ini sudah kita persiapkan secara bertahap sejak 2015 lalu dengan membangun komitmen dan terus berbenah dari satuan unit fungsional, instalasi,” jelasnya.

Selaku rumah sakit kualifikasi Tipe B, Edwin menegaskan, sesuai UU Kesehatan, rumah sakit harus terakreditasi. “Dengan penilaian Tim KARS secara formal, diharapkan kita bisa memenuhi standar akreditasi rumah sakit pendidikan (dan sesuai dengan) yang diharapkan Kementerian Kesehatan, (agar rumah sakit ini) bisa berkembang menjadi tipe A,” ungkapnya.

Apalagi, kata Edwin, hal ini juga sesuai dengan misi Wali Kota Medan untuk meningkatkan status rumah sakit, kompetensi, kesiapan tenaga kesehatan, sarana penunjang dan pendudukung. “Itu bertahap kita lakukan. (Penilaian) ini tidak melibatkan pihak manapun, ini independen,” terangnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution mendukung agar rumah sakit milik Pemko Medan itu bisa mencapai Akreditasi Versi 2012. “Insya Allah, akreditasi kita paripurna. Karena status rumah sakit Tipe B Pendidikan dan dinilai tim KARS. Hasil survei ini menjadi acuan kita untuk melakukan perbaikan-perbaikan (ke depannya),” singkat Akhyar.