PADANG LAWAS - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas (Palas) Lely Ramayulis didampingi Kabid Pelayanan Kesehatan Oktavian Lubis menyatakan keberadaan pentugas nusanatara sehat di Kabupaten Palas mampu menghidupkan pelayanan kesehatan di Puskesmas. “Sebelum kedatangan petugas nusantara sehat itu ke Palas, kita melihat masyarakat ditingkat desa sangat jarang sekali untuk berobat ke Puskesmas” ungkap Lely kepada GoSumut, Senin (3/10/2016).

Menurutnya, keberadaan petugas nusantara sehat tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Kabupaten Palas khususnya di masyarakat disekitar Kecamatan Sihapas Barumun.

“Sesuai hasil monitoring kita ke Puskesmas Sihapas Barumun, petugas nusantara sehat bisa meningkatkan jumlah pasien yang berobat ke Puskesmas, bahkan masyarakat rela antri untuk berobat ke Puskesmas itu,” terangnya.

Kemudian, lanjut Lely, sarana prasana Puskesmas seperti laboratorium di Puskesmas Sihapas Barumun juga sudah dioperasikan oleh petugas Nusantara Sehat, yang selama ini laboratorium tersebut tidak difungsikan.

Selain itu sambung Lely, petugas nusantara sehat juga memajukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan mengadakan program arisan jamban disetiap desa yang meraka tempati.

“Untuk menjalankan kegiatan mereka, pihak Dinkes Palas siap mengkordinir dan memfasilitasi sehingga program untuk meningkatkan kesehatan masyarakat didaerah terpencil bisa terwujud.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan kedatangan lagi petugas nusantara sehat based IV yang sudah kita usulkan ke desa Ujung Batu III Kecamatan Hutaraja Tinggi,” paparnya mengakhiri.