CALANG - Sebanyak sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh dilaporkan terendam banjir akibat tingginya curah hujan yang terjadi di kawasan tersebut. Kasie Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Jaya, Rimbawan dihubungi di Banda Aceh, Rabu (24/8) mengatakan banjir yang terjadi akibat tingginya curah hujan mulai dari hulu dan hilir tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari.

"Banjir yang terjadi di Kecamatan Sampoinet dan Darul Hikmah dengan ketinggian antara 50 centimeter sampai 150 centimeter dan hingga saat ini belum ada laporan adanya korban jiwa terhadap musibah ini," katanya.

Ada pun sembilan kecamatan yang terendam banjir tersebut adalah Jaya, Indra Jaya, Darul Hikmah, Sampoinet, Setia Bakti, Krueng Sabe, Panga, Pante Raya dan Teunom.

Ia menyebutkan hingga saat ini ada tiga gampong/desa yang warganya mulai mengungsi yakni di Gampong Alue Groeh, Kecamatan Sampoineit dan Gampong Sayeng dan Alue Gajah, Kecamatan Darul Hikmah.

"Saat ini kami terus memantau dan memonitoring di lapangan serta melakukan pendataan terhadap daerah-daerah yang terkena dampak banjir," katanya.

Ia menambahkan kondisi cuaca saat ini di Kabupaten Aceh Jaya masih mendung dan apa bila curah hujan terus bertambah kemungkinan ketinggian air akan naik kembali.

"Tim di lapangan terus siaga guna melakukan berbagai penanganan bencana baik untuk evakuasi maupun untuk tindakan lainnya," katanya.