IDI - Asril Ibrahim eksportir kelapa Aceh ke Thailand mengatakan, murahnya harga kelapa di negara tujuan eskpor Thailand membuat para eksportir ogah melakukan eskspor kelapa dalam beberapa bulan terakhir. “Saat ini harga kelapa di Thailand hanya 9,72 THB (Thai Baht) per kilogram atau Rp3.700 per kilogram, jika harga di Thailand menurun tentunnya kita tidak dapat melakukan ekspor. Karena biaya transportasi mencapai Rp1500 per kilogram menuju Thailand. Belum termasuk biaya dokumen dan karantina,” ujar Asrail Ibrahim, kepada GoAceh, Senin (30/5/2016).

Ketua Asosiasi Pengusaha Eksport Import Aceh (Apexia) itu menambahkan, turunnya harga kelapa di Thailand disebabkan beberapa negara tetangga mereka sedang panen raya. “Dua bulan yang lalu saya mendapat telfon dari Bangkok, dibilang turunya harga kelapa karena Kamboja, Vietnam sedang panen, “kata Asril Ibrahim.

Lanjut Ketua Tim Percepatan Ekspor Impor Palabuhan Krueng Geukueh itu, sementara ini kelapa Aceh dipasok untuk kebutuhan lokal di Sumatera Utara. “Insya Allah bulan September nanti, harga kelapa akan meningkat kembali, kita juga akan melakukan ekspor kembali ke negara-negara tetangga Malaysia, Thailand dan Cina," demikian Asril Ibrahim.