LANGSA - Membangun Kota Langsa bukan dari fisiknya saja (infrastruktur), tapi kita juga harus membangun karakter manusianya. Dimana, menciptakan manusia yang berkarakter dan berakhlak mulia jauh lebih penting.

Karenanya, dengan adanya program Keluarga Berencana (KB) ini, bisa menentukan Sumber Daya Manusia seperti itu," demikian disampaikan Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, SE, atau yang akrab disapa Toke Suum, saat meresmikan Gampong KB Tabina Bersama, di Gampong Sungai Pauh Tanjung, Kecamatan Langsa Barat, Senin (18/4/2016), di halaman Mushala gampong setempat.

Pemerintah Kota Langsa menyambut baik program gampong KB ini. Karena, keluarga merupakan sebagai unit terkecil dari masyarakat memegang peranan penting di dalam mewujudkan pembangunan gampong yang mandiri dan sejahtera.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh, Drs Muhammad Nasir Ilyas, M Hum, menyampaikan, program gampong KB ini merupakan pelaksanaan dari program nasional yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo yaitu membangun gampong dari  wilayah pesisir.

Program KB hanyalah salah satu cara untuk menciptakan anak-anak yang berkualitas. Kualitas anak yang bisa bermanfaat bagi keluarga, agama serta nusa bangsa.

Sedangkan, tujuan dibentuknya gampong KB ini adalah untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat, menciptakan generasi yang berkualitas. Keluarga berkualitas adalah keluarga yang mampu memenuhi fungsi keluarga yakni, fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta pelestarian lingkungan. (ddk)