PALAS -  Kementerian Agama Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar manasik haji, di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Kamis (2/5/2024). Kegiatan manasik haji diikuti 272 calon jemaah haji (CJH) dari 17 Kecamatan se Palas.
 
Kegiatan  manasik haji bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada CJH tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benar dan sesuai dengan tuntunan syariat Islam. 
 
Diharapkan, kegiatan manasik haji ini dapat meningkatkan kesiapan mental, fisik, dan spiritual CJH dalam melaksanakan ibadah haji tahun 2024.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padanglawas(Palas) H. Abdul Manan, M.A mengapresiasi, panitia haji dan umroh yang telah menyelenggarakan kegiatan manasik haji ini.
 
 
Ia berharap, kegiatan manasik ini  dapat memberikan pengetahuan dan manfaat bagi CJH yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ketanah suci Makkah tahun ini.
 
"Semoga perjalan bapak dan ibu ketanah suci Makkah  berjalan dengan lancar, sehat, berkah dan pulangnya menjadi haji yang mabrur," harapnya.
 
Abdul Manan juga berpesan,  272 calon  jemaah haji agar senantiasa menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat, serta meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar dengan penuh keikhlasan semata-mata mengharap ridha Allah SWT guna memenuhi panggilannya.
 
Diksempatan itu juga, Abdul Manan mengingatkan, jika CJH rindu dengan keluarga sekarang ini sudah bisa video call untuk  saling bertanya kabar antar sesama keluarga agar kehawatiran tidak ada.
 
Kegiatan manasik haji ini menyajikan materi tentang "Kebijakan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji".
 
Hal itu sesuai UU No.8 Tahun 2019 tentang penyelenggara ibadah haji dan umroh dan Peraturan Menteri Agama Nomor: 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggara Ibadah Haji Reguler serta Keputusan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh No: 113 Tahun 2024 tentang pedoman bimbingan manasik haji bagi haji regular pada Kabupaten/Kota  Tahun 1445 H/ 2024 M.
 
Sebelumnya, Kasi Haji dan Umroh,H Abror mengatakan, untuk tahun ini, calon jemaah haji asal Kabupaten Palas yang akan berangkat ketanah suci Makkah sebanyak 272 ditambah 1 orang Kelompok Bimbingan Haji.
 
"Jumlah keseluruhan CJH  yang akan berangkat haji asal Kabupaten Palas untuk kloter 10 yang akan berangkat pada tanggal 21 Mei 2024," pungkasnya.
 
Tampak hadir dikegiatan manasik haji tersebut, Kasubbag Tata Usaha, Kasi Bimas Islam, Kasi Pakis, Kasi Haji dan Umroh dan Penyelenggra Zakat & Wakaf Kementerian Agama.