PALAS -  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Padanglawas(Palas) menggelar festival panen hasil belajar Program Pendidikan Guru Penggerak(PPGP) angkatan ke 9, di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan,Sabtu(27/4/2024). Kegiatan festival panen hasil belajar PPGP tersebut dibuka secara langsung oleh Pj Bupati Padanglawas, Dr.Edy Junaedi Harahap SSTP, M.Si didampingi Sekretaris Disdikbud Palas, M.Syahdin Daulay,MM dan Penggung Jawab kegiatan,Kabid GTK Disdikbud, Laskar Muda Nasution,M.Pd.

Pj Bupati Dr.Edy Junaedi Harahap SSTP, MSi berharap, para guru sebagai pelaku sekaligus penggerak pembangunan sumber daya manusia memiliki peran dan tanggung jawab yang besar terutama dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur sekaligus unggul dalam bidangnya.

Meski saat ini aktivitas pembelajaran dapat dilakukan melalui sarana teknologi yang memungkinkan terjadinya interaksi jarak jauh (daring), lanjutnya, namun kehadiran seorang guru tidak serta merta dapat digantikan oleh perangkat teknologi itu karena suri teladan dalam proses pembelajaran formal, menjadi aspek penting bagi perkembangan karakter para siswa.

Oleh karena itu,Pj Bupati berharap, para calon guru penggerak memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan pengembangan pembelajaran, sehingga lulus mengikuti program sebagai guru penggerak.

Diharapkan,para guru dapat berkiprah mewujudkan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan di Kabupaten Palas, di mana keberpihakan pada murid menjadi orientasi utamanya.

“Pemerintah Daerah mendorong para calon guru penggerak, untuk dapat menggerakkan komunitas belajar bagi rekan guru di sekolah serta dapat menjadi agen perubahan bagi rekan guru yang lain dalam proses pembelajaran di sekolah,"harap Pj Bupati.

Ia juga berpesan, hal yang terpenting,bagaimana mendorong kepemimpinan siswa menjadi teladan serta agen transformasi ekosistem pendidikan profil pelajar Pancasila.

"Dengan ilmu yang diterima bisa memberi manfaat untuk kemajuan dunia pendidikan, tetaplah semangat menjalani tugas dengan ikhlas serta penuh tanggungjawab," kata Pj Bupati mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya,Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Palas,Hj Rosida Wati Suriani,S.Pd melalui Sekretaris M.Syahdin Daulay,S.Pd.I, MM, didamping Kabid GTK Laskar Muda Nasution,S.Pd,M.Pd mengatakan, kegiatan PPGP ini bertujuan menyiapkan pemimpin pendidikan Indonesia masa depan yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik.

"Holistik tersebut yaitu aktif dan proaktif dalam mengembangkan guru untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid," terang Laskar Muda Nasution.

Dikatakan, upaya mendukung tercapainya tujuan tersebut, PPGP dijalankan dengan menekankan pada kompetensi kepemimpinan pembelajaran yang mencakup komunitas praktik, pembelajaran sosial dan emosional, pembelajaran berdiferensiasi sesuai perkembangan murid, serta kompetensi lain dalam pengembangan diri dan sekolah.

Ia berharap, para calon guru penggerak angkatan ke 9, dengan peserta 19 orang diharapkan memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah serta pengembangan sekolah.

Kegiatan festival panen hasil belajar Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 9 ini juga dihadiri,Analis Kemitraan Balai Besar Guru Penggerak Sumatera Utara, Yanne Dian SA Samosir SP, MAP, Koordinator Guru Penggerak Kabupaten Palas, Ifdol Amarullah Hasibuan S.Pd.

Tampak juga, Kabid PLS Disdikbud Palas, H.Mukmin MM, Kabid Dikdas, Ahmad Damhuri SE, Kabid Kebudayaan Fansuri Daulay S.Pd, Ketua PGRI Kabupaten Palas, Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti ST, Sekretaris PGRI, Syukri Parmonangan Lubis S.Pd, Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI),Syafaruddin Siregar S.Pd, PPGP semua angkatan dan para Kepala Sekolah.