PADANGSIDIMPUAN - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Padangsidimpuan membuka penjaringan dan pendaftaran bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota Padangsidimpuan periode 2024-2029. Penjaringan dan pendaftaran dibuka mulai Selasa (9/4/2024) hingga 23 April 2024. Para bakal calon bisa mendaftarkan diri ke Sekretariat DPD Golkar Kota Padangsidimpuan di Jalan P Diponegoro/ Jalan Sutombol No 6 E, Kecamatan Padangsidimpuan Utara.
 
Ketua Tim Penjaringan dan Pendaftaran bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota Padangsidimpuan DPD Golkar Padangsidimpuan, Mulyadi Sofyan Lubis menjelaskan pendaftaran yang berminat bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota Padangsidimpuan melalui usungan Partai Golkar ini terbuka untuk umum dan tampa dipungut biaya apapun.
 
Pendaftar datang langsung ke Sekretariat DPD Golkar Kota Padangsidimpuan, dengan mengisi formulir sesuai dengan pilihan yang didaftarkan.
 
"Pada tanggal 25 April nanti, nama-nama yang mendaftar akan kita kirim ke Golkar Sumut," jelas Mulyadi Sofyan Lubis, pada konferensi pers, Selasa (16/4/2024).
 
Sementara itu pada konfensi pers tersebut, Ketua Dewan Penasehat M Jusar Nasution, menyahuti pertanyaan wartawan, mengungkapkan, meski sebelumnya telah ada penugasan DPP Partai Golkar kepada Ketua DPD Golkar Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution sebagai bakal calon Wali Kota, namun penugasan itu tidak menutup kesempatan bagi siapapun untuk mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota yang akan diusung Golkar Padangsidimpuan.
 
“Artinya, penugasan kepada Pak Irsan itu tidak serta merta menutup kesempatan bagi siapapun untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota, usungan Partai Golkar,” tegas M Jusar Nasution.
 
Ditambahkannya, pendaftaran bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota yang di usung Golkar Padangsidimpuan ini tidak dipungut biaya dan terbuka bagi siapapun.
 
"Baik itu masyarakat biasa maupun pengurus atau kader partai politik lainnya," tukasnya.
 
Sementara, Ketua Dewan Pertimbangan Raja Sahlan Nasution mengatakan, pendaftar yang nantinya dipilih dan diusung sebagai bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota di Pilkada Padangsidimpuan 2024, keputusannya ada pada DPP Partai Golkar.
 
"Golkar Padangsidimpuan yang melakukan penjaringan dan pendaftaran. Kemudian hasilnya disampaikan ke Golkar Sumut di Medan dan diteruskan ke Golkar Pusat di Jakarta," tutur Raja Sahlan Nasution.
 
"Lalu dijalankan mekanisme partai seperti melakukan survey siapa yang layak untuk diusung Golkar di Pilkada Kota Padangsidimpuan Tahun 2024,” tambahnya.
 
Konferensi pers ini turut dihadiri Ketua Dewan Pengarah Islahuddin Nasution, Wakil Ketua Panitia Arifin Nasution dan Unaini Akbar. Sektretaris Panitia Sammy Damara dan Wakil Sekretaris Lenny Suryani Nasution serta anggota, Zainuddin Harahap dan Jimmy Nababan.