SAMOSIR - Selama libur lebaran Idulfitri 1445 H 2024, arus masuk ke Kabupaten Samosir terus meningkat. Diperkirakan hingga hari terakhir libur lebaran, tepatnya, Sabtu dan Minggu, 13-14 April 2024, arus masuk pengunjung ke Kabupaten Samosir masih tetap naik. "Hingga saat ini arus kendaraan yang keluar masuk Kabupaten Samosir masih seimbang. Kita juga tetap jaga fisik di hari terakhir liburan ini, kita perkirakan arus masuk pengunjung ke Kabupaten Samosir untuk hari Sabtu dan Minggu ini masih akan meningkat," papar Kasi Humas Polres Samosir, Vandu P Marpaung, Sabtu (13/4/2024).
 
Ia menyebut, bila terjadi kemacetan akan memberlakukan jalur satu arah khususnya untuk daerah kota Pangururan yang saat ini menjadi lokasi padat kendaraan di malam hari untuk menikmati keindahan objek wisata Water Front City (WFC).
 
Di tengah berjalannya Operasi Ketupat Toba 2024, Vandu menyampaikan sederet kejadian dan pelayanan Polres Samosir dalam pengamanan terhadap kegiatan masyarakat dan wisatawan.
 
Personil Pos pengamanan Simpang Tiga Tele, Kecamatan Harian, membantu pengunjung pesepeda motor yang mengalami kecelakaan hingga jatuh ke jurang Tele. 
 
Selanjutnya, anggota Pos pengamanan mendorong mobil mogok di Simpang Tiga Tele, Kecamatan Harian, dan di Simpang Empat, Jln. Gereja, Kecamatan Pangururan. 
 
"Pos pengamanan dan Pos terpadu yang melaksanakan Operasi Ketupat Toba, saat melakukan pengaturan arus lalu lintas, ada kendaraan yang tiba-tiba mogok. Dengan spontan, anggota yang bertugas langsung ikut membantu mendorong mobil tersebut. Ada juga kendaraan roda dua yang jatuh ke jurang tele, juga langsung dibantu petugas mengangkat dan pengendera dalam keadaan sehat", terang Vandu.
 
Lebih lanjut, Vandu P. Marpaung juga menyampaikan kegiatan pelayanan dan pengamanan kepolisian resort Samosir dalam Operasi Ketupat Toba 2024 sudah diunggah di akun media sosial resmi Polres Samosir. Unggahan itu, sebagai bentuk laporan kepada masyarakat akan pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2024 Polres Samosir.
 
Mewakili Kapolres Samosir, AKBP. Yogie Hardiman, SH, S.Ik, MH, Vandu menjelaskan bahwa Operasi Ketupat Toba 2024 Polres Samosir ini digelar dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat, pengunjung atau wisatawan yang datang ke Kabupaten Samosir untuk menikmati libur lebaran tahun ini.
 
Di akhir, ia menyampaikan, hingga hari ke 10 Operasi Ketupat Toba 2024, Personil Kepolisian tetap melaksanakan tugas pelayanan di Pelabuhan Kapal Feri selama 24 jam.
 
Dan diseputaran kota Pangururan, di Desa Tanjung Bunga, di Jembatan Tano Ponggol, pengaturan lalu lintas dilakukan hingga pukul 23.00 WIB, dikarenakan disaat itu jadwal padat kendaraan yang masuk ke WFC Pangururan.