SAMOSIR - Wakil Bupati (Wabup) Samosir, Martua Sitanggang bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) monitoring sekaligus membagikan suplemen vitamin kepada para petugas di Pos pengamanan libur lebaran Idulfitri 2024, Selasa (9/4/2024). Monitoring Pos pelayanan Idulfitri dibagi dalam dua Tim. Tim I, Wakil Bupati Samosir bersama Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman, Dandim 0210/TU, diwakili Kapten inf. J Sinaga, dan beberapa pimpinan SKPD, diantaranya Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dina Hutapea, Kepala Dinas Pariwisata, Tetti Naibaho, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edison Pasaribu, dan KasatPol PP sekaligus Plt. Kepala Dinas PUTR Rudimanto Limbong.

Tim II, Kelapa Dinas Perhubungan, Laspayer Sipayung, Wakapolres Samosir, Saut Tulus Panggabean, bersama perwakilan Dandim 0210/TU, dan beberapa perwakilan OPD.

Lokasi yang menjadi titik pengecekan dan monitoring kesiapan personil pos pelayanan Idulfitri Tahun 2024, yaitu Pos pelayanan Simpang 4 Pangururan, Pos pelayanan Simpang Gonting Harian, Pos pelayanan Tele, tempat wisata Pasir Putih Parbaba, Pos Terpadu Ambarita, Tomok dan Simanindo.

Wakil Bupati Samosir menghimbau kepada seluruh personil yang bertugas di pos pelayanan agar bekerja dengan penuh tanggung jawab dan bekerja semaksimal mungkin dalam pelayanan kepada masyarakat yang berkunjung ke Kabupaten Samosir.

"Jalankan tugas sebaik mungkin, buat wisatawan yang berkunjung agar senyaman mungkin datang, tinggal, pulang meninggalkan Kabupaten Samosir", ujar Martua Sitanggang.

Kepada para petugas, Martua juga berpesan agar tetap menjaga kesehatan dan memahami kondisi dan situasi di lapangan.

"Jika terjadi kemacetan, harus mampu mengurai agar pengunjung merasa nyaman, senang dan terhindar dari kemacetan, tetap semangat bekerja, dan jaga kesehatan", ucap Martua.

Untuk para petugas Pos di tempat wisata, Wakil Bupati menegaskan untuk selalu mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan dengan selalu siaga terhadap pengunjung yang datang.

Bersamaan, Kapolres Samosir Yogie Hardiman turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil yang tergabung dalam pos pelayanan dan meminta agar meningkatkan kolaborasi dan kebersamaan dalam pelayanan.

"Dibutuhkan sinergitas agar pengunjung yang datang ke Kabupaten Samosir merasa nyaman", ucap Kapolres.

Dijelaskan, bahwa Polres Samosir juga telah melakukan pemetaan titik kerawanan seperti di Tele dan objek wisata Sibea-bea.

Hal disampaikan, mengingat pada tahun lalu terjadi lonjakan pengunjung yang mengakibatkan kemacetan.

"Oleh karena itu, untuk tahun ini telah diantisipasi dengan rekayasa lalu lintas dan pemasangan rambu-rambu lalu lintas", terang Yogie.

Usai memberikan himbauan semangat, Wakil Bupati Samosir dan Forkopimda memberikan suplemen vitamin, makanan dan minuman kepada petugas yang bertugas di Pos Terpadu untuk menambah semangat para petugas di pos pelayanan.

Selanjutnya, Wakil Bupati Samosir bergerak menuju objek wisata Sibea-bea. Disana, tampak terlihat pengunjung sangat ramai dan rata-rata berasal dari luar Samosir.