MEDAN - Tokoh Masyarakat Sumut, H Rahudman Harahap, meminta masyarakat Sumut tetap menjaga kerukunan dan kamtibmas di Sumut, pasca Pemilu 2024. Terkait dinamika politik yang terjadi dalam sidang gugatan Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK), Rahudman berharap masyarakat menjadikannya sebagai pendidikan politik dan hukum. 
 
“Dinamika persidangan di MK itu bisa menjadi pembelajaran politik dan hukum bagi kita semua. Saya mengikuti persidangan gugatan Pilpres 2024 dan memandangnya sebagai pendidikan hukum serta politik yang sangat baik,” ujar Rahudman Harahap kepada wartawan, Jumat (5/4/2024). 
 
Para pihak yang terlibat di persidangan MK, menurut Rahudman, memberikan perspektif yang luas bagi masyarakat untuk menyikapi Pilpres 2024. 
 
Begitu juga dengan peran hakim MK yang dikatakan Rahudman mempunyai kapasitas yang memadai dalam memutus gugatan Pilpres 2024 ini. 
 
“Saya kira saat ini kita menunggu apapun hasil dari persidangan MK ini. Tentunya, apapun hasilnya harus diterima masyarakat. Saya sebagai kader NasDem yang mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, tentu berharap dalil dan petitum yang disampaikan bisa mendapatkan keputusan yang adil dari majelis hakim MK,” kata Rahudman lagi. 
 
Kepada masyarakat Sumut, Rahudman berharap agar tetap tenang dan menjaga kamtibmas pasca pelaksanaan Pemilu 2024. 
 
Ketua Dewan Pakar Partai NasDem Sumut ini juga berpesan agar Pemilu 2024 dijadikan pelajaran berdemokrasi bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya. 
 
“Walaupun masih banyak kekurangan, tapi kita tentu harus menerimanya sebagai sebuah kenyataan politik. itu menunjukkan sikap negarawan,” pungkas Rahudman.