PALAS - Kapolres Padanglawas(Palas) AKBP Diari Astetika,S.I.K, memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kamis (4/4/2024) dihalaman Mapolres Palas. Bertindak sebagai Perwira Apel, AKP Tongan Siregar SH serta Komandan Apel, Kanit Patroli Ipda, Hairul Salim dan diikuti peserta apel pasukan TNI-Polri,Satpol PP,Basarnas,BPBD serta stakeholder lainnya.

Kegiatan pelaksanaan apel ditandai dengan pengecekan seluruh peserta apel pasukan Operasi Ketupat Toba 2024 oleh Kapolres, AKBP Diari Astetika S.I.K.

Amanat Kapolri di bacakan, Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika S.I.K mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya idul Fitri 1445 H.

Kemudian, Kapolres menyebutkan, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023.

Polri bersama dengan kementerian perhubungan dan kementerian PUPR kembali mengeluarkan surat keputusan bersama tentang pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan lebaran 1445 H tahun 2024.

"Sinergi dan koordinasi antara Satgas pusat, Satgas daerah dan stakeholder terkait harus berjalan optimal sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman dan nyaman," ucapnya.

Aspek keamanan dari gangguan Kamtibmas juga harus menjadi perhatian penting baik pada rumah yang ditinggalkan, jalur mudik, maupun lokasi wisata dan pusat keramaian lainnya, ujarnya.

Ia juga mengingatkan,untuk aktif melakukan patroli bersama pada jam-jam rawan, siapkan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan sehingga masyarakat dapat mudik dengan tenang.

Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek wisata,katanya, jangan sampai terjadi kemacetan, Sediakan kantong parkir yang memadai, pengaturan jalur keluar masuk, dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman.

Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal sehingga masyarakat dapat merasakan mudik aman, ceria, penuh makna, diharapkan momentum hari raya idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

“Hari ini kita laksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2024 dalam rangka pengamanan lebaran Idul Fitri 1445 H secara serentak,” ujar Kapolres Diari Astetika S.IK membaca amanat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Ditambahkan,kegiatan apel gelar pasukan sebagai bentuk kesiapan dan komitmen TNI/Polri serta stakeholder terkait dalam memberikan pengamanan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik dan lebaran 2024.

Kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas kesehatan dan Mitra Kamtibmas lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024.

“Sinergitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan hari raya idul Fitri tahun lalu, tutup Kapolres mengakhiri amanat Kapolri.

Kapolres menambahkan, masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dapat merasa aman dan nyaman.

Turut hadir dalam kegiatan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024, Ketua DPRD Palas, Dandim 0212/Tapsel diwakili oleh Pabung TNI, Kepala Kejaksaan Negeri Palas, Ketua Pengadilan Negeri Sibuhuan, Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan.

Ikut serta dikegiatan tersebut, Para Pejabat Utama Polres Padang Lawas, Kadishub Kab. Padang Lawas, Kasatpol PP dan Damkar Palas, Kadinkes, Ketua PAMK Kabupaten Palas.