SAMOSIR - Pembukaan pasar murah yang diadakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Samosir di Terminal Onan Baru Pangururan, bekerjasama dengan badan urusan logistik (Bulog) dan Bank Indonesia (BI) Wilayah Kerja Sibolga, mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat Kabupaten Samosir. Pasar murah yang digelar sebagai upaya pengendalian inflasi dalam strategi ketersediaan, keterjangkauan, kelancaran dan komunikasi untuk memastikan keamanan bahan pokok yang akan dikonsumsi menjelang perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Kegiatan serupa juga berlanjut hari ini, Rabu (3/4/2024) di Kecamatan Simanindo dan Kecamatan Onan Runggu dengan menawarkan harga serupa. Untuk bahan pokok berada dibawah harga jual di grosir maupun pengecer. 
 
Untuk beras seharga Rp. 51.500/5 kg, minyak goreng Rp. 14.000, cabai merah Rp. 38.000, dan bawang merah Rp. 30.000 per kilogramnya.
 
Pada hari pertama di Pangururan, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom bersama Wakilnya, sekaligus membuka pasar murah dengan penyerahan beberapa jenis bahan pokok penting (Bapokting), ikut serta melayani masyarakat.
 
Pemerintah Kabupaten Samosir menyebut, pasar murah yang diadakan bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) Wilayah Kerja Sibolga, Bulog Cabang Siantar, dan distributor minyak goreng Toko Budiman Pangururan. 
 
Selain dalam upaya membantu meringankan beban masyarakat dalam rangka memperoleh barang kebutuhan pokok, pasar murah digelar setelah melihat adanya fenomena kenaikan harga. Sehingga dengan kegiatan dapat memudahkan masyarakat memperoleh bahan pokok penting dengan harga relatif terjangkau.
 
"Masyarakat berhak untuk mendapatkannya. Sebab lewat pasar murah ini, harga relatif lebih murah dibanding harga dipasaran umum, karena adanya subsidi pemerintah," terang Martua.
 
Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten akan selalu memantau perkembangan harga guna mengantisipasi terjadi lonjakan harga dengan monitoring rutin melalui dinas terkait.
 
Tidak lupa, Martua Sitanggang mengajak serta berpesan kepada masyarakat untuk berbelanja, memanfaatkan pasar murah dengan bijak dengan berbelanja sesuai kebutuhan, dan tidak berlebihan.
 
Selain itu, menjelang Hari Raya Idulfitri, diyakini Samosir akan banyak dikunjungi wisatawan. Untuk itu, Martua Sitanggang mengajak seluruh masyarakat dapat menjadi tuan dan nyonya rumah yang baik, saling menjaga keamanan, ketertiban, terutama kebersihan. 
 
Pada pembukaan, tampak hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Pantas Marroha Sinaga, Pabung 0210 TU, G. Sebayang, Asisten II, Hotraja Sitanggang, Plt. Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan, Rista Sitanggang, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Immanuel Sitanggang, dan beberapa pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD) lainnya.