TOBA - Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya,S.H,S.I.K memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024 Rabu, (03/4/2024) di lapangan Mako Polres Toba dengan komandan Upacara Ipda Jefriadi Silaban,S.H,MH. Apel gelar pasukan ini dalam rangka pengamanan mudik lebaran di Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M. 
 
Apel diawali dengan penyematan pita tanda dimulainya Operasi Ketupat 2024, kepada 5 perwakilan Intansi pemerintah dari TNI, Polri, Satpol PP Kabupaten Toba, Dishub Toba, dan BPBD Kabupaten Toba. 
 
Dalam amanatnya Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang bacakan Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya, SH, S.I.K menyampaikan, apel gelar pasukan digelar untuk pengecekan akhir kesiapan pasukan dalam pelaksanaan operasi ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI – Polri dengan stakeholder Pemerintahan dalam rangka pengamanan mudik Lebaran di perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024.
 
“Berdasarkan survei indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5 % atau meningkat 15,7 % dibanding tahun 2022. ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras Polri bersama Intansi terkait. Ini harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam dalam pelayanan kita di masyarakat khususnya di pengamanan arus mudik lebaran dan arus balik tahun 2024," ujarnya.
 
TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi “ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personil selama 13 hari dari tanggal 04 hingga 16 April 2024 di seluruh NKRI.
 
Sinergi dan koordinasi antara satgas pusat, satgas daerah dan stakeholder terkait harus berjalan optimal, sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman dan nyaman.
 
Disamping Kamseltibcarlantas dan gangguan kamtibmas juga stabilitas harga dan ketersediaan bapoktin serta BBM harus tetap terjaga. tingkatkan koordinasi dan lakukan langkah langkah bersama dengan stakeholder terkait, sehingga stok dan harga dapat tetap terjaga.
 
Dalam amanahnya AKBP Wahyu menambahkan, jelang mudik Lebaran 2024, Polres Toba mendirikan 11 titik posko termasuk Pos Keamanan (Pospam), Pos Terpadu dan Pos Pelayanan (Posyan). 
 
Wahyu juga merinci, 4 pos Pelayanan (Pos Yan), berada di Kecamatan Balige, Sigumpar dan Porsea. 5 Pos Pengamanan ( Pos PAM) berada Kecamatan Balige, Laguboti, Porsea, Lumban Julu dan Ajibata serta 2 Pos Terpadu yaitu di Pos Pelabuhan Balige dan Ajibata. 
 
Turut hadir dalam Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024 yang digelar Bupati Toba Ir Poltak Sitorus, Sekda Kabupaten Toba Drs Augus Sitorus, Kasi Intel Kajari Toba Samosir Oloan Sinaga SH, Dan Subdenpom 1-2 Balige Kapten CPM Chaniago, PJU Polres Toba, para Kasat, Para Kasi, Kapolsek Jajaran Polres Toba, OPD Kabupaten Toba, Dishub Kabupaten Toba, BPBD Kabupaten Toba, Satpol PP, dan Koramil Kodim 0210/TU jajaran Se Kabupaten Toba.