PALAS - Antusias peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri favorit menjadi harapan setiap calon mahasiswa. Harapan masuk kejenjang pendidikan perguruan tinggi keagamaan islam negeri tersebut, dibuktikan siswa-siswi MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, sangat antusias mengikuti Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN - PTKIN) tahun 2024.
 
Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset,Hj Mahnidar Azwarni Nasution,S.Ag mengapresiasi, antusiaa peserta didiknya untuk melanjut pendidikan kejenjang yang lebih tinggi terbukti dengan hasil pengumuman SPAN -PTKIN tahun 2024. 
 
"Sebanyak 93 siswa MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset yang lulus SPAN-PTKIN tahun ini," terangnya, Rabu (3/4/2024).
 
Dikatakan, SPAN -PTKIN ini merupakan jalur khusus bagi siswa yang memiliki nilai semester 1-5 diatas rata - rata.
 
Kata Mahnidar Azwarni,sesuai hasil pengumuman SPAN- PTKIN, terdapat 93 peserta yang dinyatakan lulus tahun 2024 ini.
 
"Siswa yang telah lulus seleksi SPAN - PTKIN untuk lebih giat belajar untuk mengejar prestasi yang dapat membangga orangtua serta madrasah," pesan Mahnidar ke siswa yang lulus SPAN - PTKIN.
 
Mahnidar juga mengingatkan ke peserta didiknya, bagi yang belum berhasil masih ada jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), silahkan diikuti dengan baik untuk menyusul keberhasilan siswa lainnya.
 
"Keberhasilan lulus di seleksi SPAN -PTKIN tahun 2024 menjadi motivasi bagi peserta didik untuk memanfaatkannya dengan baik dalam mencapai cita-cita masa depan," pesannya.
 
Untuk tahun 2024 ini, 93 siswa MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset yang lulus SPAN -PTKIN tahun 2024 di 9 perguruan tinggi favorit antara lain, UIN Walisongo (1 siswa), UIN Raden Mas Said Surakarta(1 siswa), UIN Sunan Gunung Djati Bandung (4 siswa),
UIN Ar-Ranry Banda Aceh (1 siswa), UIN Sumatera Utara (29 siswa).
 
Selanjutnya, UIN Sultan Syarif Kasim Riau (21 siswa),UIN Imam Bonjol Padang (14 siswa), UIN Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi (2 siswa) dan UIN Syahada Padang Sidimpuan (20 siswa).