SAMOSIR - Lewat rapat koordinasi lintas sektoral Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir dan Polres Samosir, memantapkan strategi pengamanan jelang perayaan hari besar keagamaan, Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah melalui operasi Ketupat Toba 2024, Selasa (2/4/2024). Rapat berlangsung dihadiri Wakil Bupati Samosir, Drs. Martua Sitanggang, MM, Wakapolres Samosir, Kompol. Saut Tulus Panggabean, SH, Pabung Kodim 0210/TU Wilayah Samosir, Kapten Arm. G. Sebayang, Kasubsi Penuntutan Kejari Samosir, Roland Tampubolon, SH, MH, dan sejumlah tokoh masyarakat serta perwakilan dari berbagai instansi terkait lainnya.
 
Dalam rapat dijelaskan, berbagai strategi yang disusun merupakan langkah antisipasi guna menghadapi potensi gangguan dan permasalahan yang mungkin muncul selama Operasi Ketupat Toba 2024. 
 
Turut hadir Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir, Laspayer Sipayung menyampaikan informasi terkait lokasi Pos, potensi permasalahan, serta langkah-langkah penyelesaian.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Samosir menggarisbawahi pentingnya koordinasi yang baik antara stakeholder yang terlibat dalam pengamanan operasi Ketupat Toba 2024, dengan memperhatikan penampilan petugas, keselamatan lalu lintas, dan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Samosir.
 
"Kita harus memberikan pelayanan terbaik selama operasi. Perlu memperhatikan 
penampilan petugas, keselamatan lalu lintas, dan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Samosir", kata Martua.
 
Disisi lain, Asisten I Pemerintah Kabupaten Samosir, Tunggul Sinaga, mengimbau kepada seluruh Camat di wilayah Kabupaten Samosir untuk standby di daerah masing-masing.
 
Sementara untuk instansi lainnya, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Koperindag, Dinas Kesehatan, dan lainnya, turut aktif dalam menyampaikan upaya-upaya pelayanan dan pengawasan terkait kebutuhan masyarakat selama perayaan Idulfitri.
 
Diakhir rapat, Wakapolres Samosir menegaskan bahwa rapat koordinasi lintas sektoral tersebut merupakan tahapan akhir dalam mematangkan kesiapan semua pihak terkait dalam menyambut Idulfitri 1445 H tahun 2024 di Wilayah Kabupaten Samosir.