SAMOSIR - Guna menjaga ketersediaan pasokan dan jangkauan harga komoditas Bahan pokok penting (Bapokting) menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (KBKN), Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah (H), Pemerintah Kabupaten Samosir akan mengadakan pasar murah, pembukaan, Selasa (2/4/2024) di Terminal Onan Baru, Pangururan. Dikonfirmasi Gosumut.com, Senin (1/4/2024) lewat WhatsApp, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Samosir, Immanuel Sitanggang menyampaikan, pasar murah sekaligus upaya pengendalian inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa dalam jumlah besar yang terjadi secara terus-menerus dalam periode tertentu itu, acara pembukaan di Terminal Onan Baru Pangururan, dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai.
 
Immanuel juga menyampaikan, selain di Terminal Onan Baru Pangururan, pasar murah juga akan dilaksanakan di Lapangan Kantor Camat Simanindo, dan di Lapangan Kantor Camat Onan Runggu, pada hari Rabu (3/4/2024) oleh Pemerintah Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog), dan Bank Indonesia (BI) Wilayah Kerja Sibolga.
 
Soal Bapokting dan harga yang akan ditawarkan kepada masyarakat melalui pasar murah, Kata Immanuel, yakni beras, minyak goreng, bawang merah, dan cabai dibawah HET.
 
"Terkait harga, akan berada dibawah harga eceran tertinggi (HET). Kita berharap pasar murah ini dimanfaatkan dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Kabupaten Samosir," kata Immanuel Sitanggang.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Samosir oleh Sekretaris Daerah, Marudut Tua Sitinjak sudah mengeluarkan surat undangan pelaksanaan pasar murah pada tanggal 26 Maret 2024.