PALAS - Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di lapangan Merdeka, Jalan Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Barumun, Senin (1/4/2024). Gerakan Pasar Murah dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Idul Fitri 2024 serta menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).
 
Pj Bupati Palas, Dr.Edy Junaedi Harahap,S.STP,M.Si  melalui Plt Kadis Ketahanan Pangan, Abd Rahman My, menjelaskan, gerakan pangan murah ini sebagai upaya mengendalikan inflasi, dimana sekarang ini bahan pokok khususnya beras relatif mahal karena faktor cuaca ekstrim.
 
"Selain itu dalam menyambut Idul Fitri biasanya harga bahan pokok akan naik sehingga gerakan pangan murah diharapkan bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya," katanya disela kegiatan GPM.
 
Abd Rahman mengatakan, harga bahan pokok penting yang tersedia pada kegiatan dengan harga terjangkau dan di bawah harga pasaran antara lain, beras 5 kg Rp53.000.
 
Bawang merah Rp35.000/kg, minyak goreng Rp12.500, tepung terigu Rp7.500, gula pasir Rp16.000,cabai Rp 45.000/kg dan telor Rp50.000, ikan kaleng Rp7.500.
 
"Warga bisa membeli bahan pokok di gerakan pangan murah ini," jelasnya.
 
Salah seorang warga Sibuhuan, Marni ditemui ketika berbelanja digerakan pangan murah ini mengatakan, merasa terbantu adanya gerakan pangan murah di bulan Ramadan yang digelar pemerintah daerah.
 
"Adanya gerakan pangan murah ini, tentu sangat membantu warga dengan harga kebutuhan pokok yang terjangkau," terangnya.
 
Dikegiatan Gerakan Pasar Murah juga dirangkai dengan apel siaga HBKN yang dihadiri langsung Pj Bupati Palas, Sekda, Asisten dan Pimpinan OPD, Camat Barumun, Lurah Pasar  Sibuhuan.