PALAS - Personel Polsek Sosa Polres Padanglawas (Palas) melakukan patroli di pusat pasar tradisional Panyabungan, Kecamatan Hutaraja Tinggi, untuk memastikan keamanan pasar menjelang Idulfitri 1445 H. Patroli ini bertujuan melakukan pengawasan ketat untuk mencegah berbagai tindak kejahatan di lokasi pusat pasar tradisional. Seperti kejahatan copet dan jambret yang dapat meresahkan warga yang berbelanja di pasar tersebut.
 
Selain antisipasi kejahatan jalanan, personel Polsek Sosa juga memberikan imbauan ke pedagang dan pengunjung pasar agar meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati dari tindak kejahatan.
 
Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika,S.I.K melalui Kapolsek Sosa,Iptu Muliadi,SH mengatakan, kegiatan patroli ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan warga yang berbelanja dipusat pasar tradisional.
 
Ia juga menekankan kepada personel, secara aktif melakukan patroli untuk mencegah potensi ancaman kejahatan yang dapat diminimalisir.
 
Para pengunjung pasar, kata Muliadi, juga diingatkan untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap segala bentuk tindak kejahatan yang mungkin terjadi menjelang hari raya Idulfitri.
 
”Selain mengedepankan upaya pencegahan, penting bagi setiap orang yang berkunjung ke Pasar Panyabungan untuk memahami potensi ancaman yang mungkin timbul,” kata Iptu Muliadi, Jumat (29/3/2024).
 
Kata Muliadi, dengan patroli ini tentu dapat menjaga ketertiban, larangan terhadap aktivitas berbahaya seperti petasan dan mercon yang dapat mengganggu dan membahaya orang lain.
 
Ditambahkan, pengunjung dan pedagang diminta waspada terhadap uang palsu dan barang ilegal lainnya menjelang idul fitri ini karena dapat menumbulkan kerugian bagi masyarakat.
 
Muliadi menjelaskan, para pedagang petasan di imbau agar tidak menjual mercon atau petasan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
 
Guna menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman sambungnya, peran aktif masyarakat sangatlah penting karena setiap orang baik itu pengunjung atau pedagang maupun pembeli diharapkan saling mendukung dan bekerjasama dalam menjaga keamanan.
 
“Peran aktif masyarakat menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan pasar yang aman. Dengan demikian, kondusifitas kamtibmas di pasar akan tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.