SAMOSIR - Dalam rangka menjalin silaturahmi antar umat beragama dan turut mendukung masyarakat Kabupaten Samosir yang sedang melaksanakan ibadah puasa dan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Samosir, Martua Sitanggang bersama Forkopimda melaksanakan buka puasa bersama di Masjid Al-Hasanah Pangururan dan memberikan sumbangan, Rabu (27/3/2024). Buka puasa bersama, turut diikuti Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Pantas Marroha Sinaga, anggota DPRD, Jonner Simbolon, Kajari Samosir, Andi Adikawira Putra, Wakapolres Samosir, T. Panggabean, Danramil 03 Pangururan, Sugino, Kakankemenag Samosir, Tawar Tua Simbolon, Ketua MUI Samosir, Erwansah S.Pd, dan Asisten I, Staf Ahli, Kepala OPD beserta seluruh Camat Se-Kabupaten Samosir. 
 
Lewat rilis Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Samosir, Kamis (28/3/2024) Wabup Samosir dalam sambutannya menyampaikan acara buka puasa bersama ini dilaksanakan dalam rangka mempererat silaturahmi, keharmonisan dan memupuk rasa persaudaraan terhadap masyarakat Kabupaten Samosir terutama kaum muslimin dan muslimat.
 
Lewat kesempatan itu, Martua Sitanggang berpesan agar masyarakat Samosir tetap memelihara kerukunan antar umat beragama dan tidak mudah terprovokasi akan isu yang tidak jelas.
 
"Pemerintah Kabupaten Samosir berharap, dengan kegiatan ini dan apalagi di Bulan suci Ramadhan ini, marilah kita memelihara kerukunan umat beragama, keamanan dan ketertiban, kedamaian serta tidak mudah terprovokasi oleh isu yang tidak jelas sumber dan kebenarannya", ucap Martua Sitanggang.
 
Mewakili forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Samosir, Kajari Samosir, Andi Adikawira Putra turut menyampaikan apresiasi terhadap masyarakat Kabupaten Samosir karena telah merasakan toleransi antar umat beragama sangat erat di Samosir.
 
"Saya merasa bangga dan sangat mengapresiasi toleransi antar umat beragama di Kabupaten Samosir. Saya sudah merasakannya, dan bukan hanya lewat ucapan saja, tetapi betul-betul dari hati. Mudah-mudahan seterusnya kita dapat bergandengan tangan untuk membangun Kabupaten Samosir yang kita cintai ini dengan tetap menjalin kerukunan antar umat beragama," kata Andi.
 
Di penghujung acara, Pemerintah Kabupaten Samosir bersama Forkopimda Kabupaten Samosir memberikan sumbangan berupa kain sarung kepada para pengurus Masjid dari 7 Masjid yang ada di Kabupaten Samosir.