PALAS - Pasca kunjungan perdana Presiden RI,Ir.H Joko Widodo ke Kabupaten Padanglawas(Palas) membuka peluang mendorong pembangunan infrastruktur baik jalan serta bangunan sarana dan prasarana. Hal itu, berkaitan dilakukan koordinasi dengan sejumlah kementerian oleh Pj Bupati Palas,Dr,Edy Junaedi,S.STP,M.Si bersama Pimpinan OPD untuk tindak lanjut beberapa point -point untuk mendorong kemajuan daerah.
 
Diantaranya point tersebut antara lain tentang pelayanan kesehatan, peningkatan infrastruktur ruas jalan di Kabupaten Palas, ketahanan pangan serta kelengkapan sarana dan prasana pelayanan kesehatan di lingkungan rumah sakit daerah setempat.
 
"Rangkaian koordinasi dengan Kementerian diawali dari Kementerian Kesehatan dengan 
Direktur Fasyankes RI, dr. Aswan Usman M.Kes, untuk membahas kebutuhan peralatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan," kata Pj Bupati,Edy Junaedi,Minggu(24/3/2024). 
 
Dipertemuan tersebut disimpulkan bahwa 
pembangunan ruangan Kelas Rawat Inap Standar(KRIS) akan dilaksanakan secara bertahap hingga mulai 2027. 
 
Dengan syarat Pemkab Palas harus berkomitmen untuk menyiapkan SDM yang layak untuk pengadaan ruangan KRIS tersebut.
 
Selanjutnya,kata Edy Junaedi, rehabilitasi ruangan CT Scan,yang akan ditampung dari DAK Fisik.Jika sudah rampung paling lambat bulan Oktober akan di mulai penyaluran alat-alat pelengkapan medis.
 
Begitu juga dengan program layanan KJSU kanker, jantung, stroke dan urenofrologi(KSJU) bantuan alat medis akan digelontorkan oleh Kemenkes jika sarana pelayanan sudah dilengkapi oleh Pemda,tambahnya.
 
Direktur Fasyankes dr. Arwan mengharapkan, adanya konsultasi 
berkelanjutan terkait standar bangunan-bangunan yang harus dikerjakan tersebut baik itu CT Scan, Cath Lab, maupun KRIS.
 
Seterus rangkaian audensi dengan pihak Bulog yang diterima oleh Sekretaris Perum(Sesper) Bulog, Arwakhudin Widiarso, terkait pengusulan peningkatan kapasitas Gudang Hutulombang,Kecamatan Lubuk Barumun.
 
"Saat inu gudang Bulog Hutalombang hanya bisa menampung 500 ton. Berkaitan dengan arus perputaran komoditas yang mencapai 75%, disepakti bahwa pembangunan gedung baru berkapasitas 1.000 ton yang layak dilakukan.Didukung dengan luas areal Gudang Bulog Hutalombang seluas 5.000 m2," ujar Edy Junaedi.
 
Untuk pembangunan infrastruktur sarana jalan, Pj Bupati bersama Plt Kadis PU Palas,Ir Amirhan Hasibuan,ST,MM berkoordinasi dengan Dirjen Bina Marga Kementerian PU/ PR diwakili Kasubdit Sistem Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan (SSPJJ) Primawan Avisena. 
 
Kata Edy Junaedi, agenda yang dibahas meliputi usulan 3 ruas jalan di Kabupaten Palas untuk program Inpres Jalan Daerah(IJD) tahun 2024 yang akan diproses melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) 1 Sumut.
 
Pemkab Padanglawas mengusulkan penambahan 2 ruas jalan penghubung antar Kabupaten Palas -Mandailing Natal(Madina) dari Desa Hapung,Kecamatan Ulu Sosa tembus ke Kabupaten Madina.
 
Dan ruas jalan Sibuhuan -Sosopan yang bertujuan untuk akses menuju Bandara A.H. Nasution,Kabupaten Mandailing Natal(Madina ) dan Bandara Aek Godang di Padanglawas Utara(Paluta).
 
Kasubdit SSPJJ, Primawan mengatakan, penambahan ruas jalan ini akan didorong untuk realisasi pada tahun 2024-2025, menyusul proses dan hasil survei dari tim BBPJN.
 
"Kita berharap semua usulan tersebut dapat direalisasikan dan ditindak lanjuti dengan mendorong pemerintah pusat,sehingga Kabupaten Palas bisa sejajar dengan Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Sumatera Utara," tambah Edy Junaedi.
 
Ditambahkan, hal ini dapat terwujud, jika seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat saling bahu membahu mendorong kemajuan daerah.
 
Turut serta mendampingi Pj.Bupati Palas, Dr. Edy Junaedi,S.STP,M.Si di rangkaian kegiatan koordinasi dengan sejumlah Kementerian antara lain, Plt.Kadis Pekerjaan Umum(PU) Ir. Amirhan Hasibuan ST,MM,Plt Kadis Kesehatan, Amelia Roitona Nasution, SKM,MKM, Direktur RSUD Sibuhuan, dr Affandi Siregar serta Plt Kadis Ketahanan Pangan, Abd. Rahman My Nasution, SE, MM.