PALAS - Upaya menertibkan kepatuhan dalam berlalu lintas dijalan raya, Satlantas Polres Palas menggelar Operasi Keselamatan Toba 2024, di depan Mapolsek Barumun,Senin (19/3/2024).

Kasat Lantas Polres Padanglawas, AKP Togan Siregar, SH melalui Kanit Turjawali Polres Palas,Ipda Hairul Salim SH mengatakan,35 pengemudi kendraan roda dua terjaring Operasi Keselamatan Toba 2024.

"Dari 35 pelangar yang terjaring tersebut, 15 pelanggar diberi sanski tilang dan 20 lainnya diberi teguran dan himbauan,"terang Salim.

Dikatakan, kegiatan Operasi Kesematan Toba 2024 berlangsung dari 13- 26 Maret 2024 dengan tujuan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan mengurangi potensi gangguan serta kecelakaan lalu lintas.

Kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Palas, target sasaran dari pelaksanaan Operasi Keselamatan untuk menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam rangka cipta kondisi selama bulan suci Ramadhan.

Ditambahkan,target prioritas Operasi Keselamatan menyasar pada sepuluh target prioritas pelanggaran berlalu lintas.

Antara lai, pengendara tanpa helm SNI, melawan arus, penggunaan HP saat berkendara dan berkendara di bawah pengaruh alkohol, berkendara membawa lebih dari satu boncengan, pengemudi mobil tidak menggunakan safety belt.

Kemudian, berkendara melebihi kecepatan, berkendara di bawah umur, penggunaan knalpot brong yang tidak sesuai spesifikasi serta kegiatan balap liar.

Selanjutnya kendaraan pribadi dengan sirine/rotator/strobo, kendaraan over dimension dan overload, serta kendaraan dengan nopol palsu atau tidak dilengkapi plat nopol, terangnya.

Ia mengajak, masyarakat untuk mematuhui dan mentaati peraturan kertertiban dan keamanan berlalu lintas guna menjaga keselamatan dalam rangka pencanangan aksi keselamatan.

"Menjaga keselamatan saat berkendraan dijalan raya menjadi prioritas utama.Diharapkan masyarakat ikut berpartisipasi dalam pencanagan aksi keselamatan berlalu lintas," pungkasnya.