ASAHAN - Bupati Asahan H Surya BSc membuka Rapat Koordinasi Pemerintahan (Rakorpem) Bulan Maret Tahun 2024 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Senin (18/3/2024). Giat ini diikuti oleh Wakil Bupati Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan dan Kepala Puskesmas (Kapus) se Kabupaten Asahan.
 
Dalam pidatonya, Bupati Asahan mengatakan Bulan Maret ini sangat berbeda dari bulan sebelumnya karena bulan ini bersamaan dengan masuknya Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah Tahun 2024. 
 
"Untuk itu saya mengajak seluruh umat Islam untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan dan menjalankan Ibadah Puasa dengan penuh syukur, serta dalam nuansa persaudaraan yang rukun dan damai. Kepada Kepala OPD dan Camat untuk mengajak seluruh masyarakat yang tidak melaksanakan ibadah puasa, kiranya dapat menunjukkan toleransi yang tinggi dengan menghormati dan menghargai saudara-saudara kita yang menjalankan Ibadah Puasa," ungkapnya.
 
Bupati mengatakan, didalam Bulan Ramadhan 1445 Hijriah ini, banyak kegiatan yang rutin kita lakukan yakni, Safari Ramadhan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari yang dimulai dari tanggal 18-21 Maret 2024. 
 
"Substansi dari kegiatan ini adalah menjalin silaturahim dengan semua lapisan masyarakat di Asahan. Selaku Pejabat Daerah yang diberi amanah, sudah selayaknya lah kita melebur dengan masyarakat Asahan dalam kegiatan Safari Ramadhan dan kegiatan sosial lainnya," ucapnya.
 
Selanjutnya memperingati Malam Nuzulul Qur’an. "Hari ini kita sudah memasuki hari ke 6 Ramadhan dan setiap hari ke 17 Ramadhan, kita akan memaknai turunnya ayat Suci Al-Qur’an yang jatuh pada tanggal 28 Maret 2024. Kegiatan ini di isi dengan ceramah agama dan doa bersama. Kepada Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat dan Kepala Puskesmas yang beragama Islam agar hadir bersama jajarannya ke Masjid Agung H. Achmad Bakrie untuk memperingati Malam Nuzulul Qur’an," ujarnya 
 
Kegiatan selanjutnya, Bupati menyampaikan pengumpulan zakat. Melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ), agar dapat serahkan zakat ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan. 
 
"Kegiatan pengumpulan akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024. Semoga zakat yang terkumpul tahun ini lebih banyak dari tahun lalu," katanya.
 
Terakhir terkait infaq dan sedekah dalam rangka kegiatan Ramadhan 1445 Hijriah pada Masjid Agung H. Achmad Bakrie Pemerintah Kabupaten Asahan, agar segera dikumpulkan baik secara langsung maupun transfer.