PALAS - Satu hari menjelang kunjungan Presiden RI,H.Ir.Joko Widodo (Jokowi) di RSUD Sibuhuan,Kabupaten Padanglawas (Palas) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dijaga ketat oleh petugas keanaman, Kamis (14/3/2024). Pemkab Padanglawas (Palas) mulai  melakukan berbagai persiapan. Tidak hanya  pasukan pengamanan yang mulai memadati disekitar RSUD Sibuhuan,tetapi di sejumlah lokasi lainnya seperti lapangan MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset yang  menjadi lokasi pendaratan Helikopter kunjungan RI 1 ini juga mulai disterilkan.
 
Selain rute yang bakal dilalui oleh Presiden Jokowi, sejumlah lokasi lainnya yang menjadi titik kunjungan orang nomor 1 di Indonesia ini juga mulai dijaga ketat oleh petugas keamanan, terlihat di sekitar lokasi Gudang Bulog Hutalombang, Kecamatan Lubuk Barumun.
 
Seperti yang terlihat di RSUD Sibuhuan menjelang H-1 kunjungan Presiden Jokowi, RSUD Sibuhuan nampak sudah mulai melakukan berbagai persiapan diantara melakukan kebersihan lingkungan,apel kesiapan pegawai dan  penataan setiap ruangan pasien dan pelayanan di lingkungan RSUD Sibuhuan.
 
Amatan Go Sumut, Kamis (14/3/2024) di sekitar lokasi RSUD Sibuhuan, personel pasukan bersenjata lengkap yang akan melakukan pengamanan kunjungan RI 1.
 
Tampak personel TNI dan Brimob berseragam dengan senjata lengkap mulai mensterilkan lokasi dan melakukan simulasi pengamanan terhadap kegiatan kunjungan Presiden Jokowi. 
 
Pasukan yang menggunakan senjata laras panjang ini, terlihat mengitari RSUD Sibuhuan dan setiap sudut ruangan yang ada di RSUD diperiksa dengan seksama oleh petugas pengamanan.
 
Tidak hanya itu saja, sejumlah personel keamanan juga terlihat memanjat bagian atap dan mengitari bagian atas RSUD Sibuhuan  untuk memeriksa keamanan dan memantau situasi dan kondisi jelang kunjungan Presiden Jokowi.
 
Di sisi lainnya di lapangan MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, PJ Bupati Palas bersama Forkopimda menanti kedatangan RI 1 yang akan mendarat dilapangan tersebut mengunakan Helikopter.
 
Selain itu, di lokasi lapangan komplek perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala ini juga digelar apel kesiapan pasukan pengamanan dan penyambutan Presiden Jokowi di Bumi Palas Bercahaya atau lebih dikenal Serambi Mekkah Sumut.
 
Pj  Bupati Palas, Dr,Edy Junaedi bersama Kapolres Palas AKBP Diari Astetika,S.I.K dan Danrem 023 /KS,Mayor Inf,Lukman Hakim saat  apel pasukan ini diikuti personel TNI/Polri yang sejak hari ini akan ditugaskan sterilisasi sejumlah titik tertentu di wilayah Kabupaten Palas.
 
Pj Bupati menjelaskan, Presiden Jokowi, bakal mengunjungi Kabupaten Palas, mulai Kamis sampai Jumat (15/3/ 2024) didua titik lokasi yaitu Gudang Bulog Hutalombang dan RSUD Sibuhuan.
 
Untuk memastikan tidak ada kendala saat kunjungan berlangsung, Pj Bupati Palas  meminta, seluruh personel selalu siap siaga dalam memastikan keamanan dan ketertiban di masing-masing titik penjagaan.
 
"Besok kemungkinan RI 1 akan mengunjungi Kabupaten Palas, saya berharap agar seluruh personel yang bertugas selalu siap siaga dalam memastikan keamanan dan ketertiban di seluruh titik wilayah Kabupaten Palas," ujarnya.
 
Ditempat terpisah, Direktur RSUD Sibuhuan, dr,Afandi Siregar mengatakan, berbagai persiapan telah kita lalukan dalam rangka penyambutan kunjungan kerja Presiden RI,Ir,H.Joko Widodo.
 
"Kegiatan persiapan di antaranya pembersihan lokasi disekitar RSUD Sibuhuan, apel ASN dan Non ASN serta penataan ruangan pelayanan yang ada diseluruh blok," tandasnya.