PADANGSIDIMPUAN - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) datang ke Kota Padangsidimpuan untuk melakukan supervisi terhadap program PKK di tingkat Desa/Kelurahan di wilayah Kota Padangsidimpuan.

Kedatangan Tim Supervisi TP PKK Sumut yang dipimpin Riza Vahlevi Lubis, disambut Pj Wali Kota Padangsidimpuan yang diwakili Plt Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan, Roni Gunawan Rambe, bersama Pj Ketua TP PKK Kota Padangsidimpuan Ny Masroini Letnan Dalimunthe di Gedung Adam Malik, Padangsidimpuan, Rabu (6/3/2024).

Supervisi terhadap TP PKK tingkat Desa dan Kelurahan tersebut menyangkut pelaksanaan tata tertib administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Aku Hatinya PKK dan IVA Test Tahun 2024.

Plt. Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan, Roni Gunawan Rambe, mengatakan PKK berperan besar dalam mendukung pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat khususnya keluarga.

"TP PKK merupakan mitra pemerintah yang memiliki fungsi strategis, dengan kelembagaan mulai dari tingkat pusat hingga desa kelurahan dan bahkan dasa wisma," tuturnya.

Hal ini memungkinkan TP PKK hingga tingkat dasa wisma dapat berkiprah membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan perempuan dan anak, dengan merumuskan dan menjalankan program-program kerja dan kegiatan sebagai implementasi 10 program pokok PKK.

"Kepada TP PKK Kota Padangsidimpuan dan Dinas terkait, agar segala sesuatu yang disampaikan oleh Tim Supervisi dapat dicermati dengan baik dan menjadikannya pedoman dalam melakukan pembinaan kedepan," harapnya.

Dan kepada Tim Supervisi, Ia berharap kiranya dapat memberikan ilmu, pengalaman dan pemahaman serta saran yang membangun sehingga TP PKK Kota Padangsidimpuan dapat termotivasi dalam menjalankan program-program kerjanya.

Sementara itu, Ketua Tim Supervisi TP. PKK Provinsi Sumatera Utara, Riza Vahlevi Lubis, mengatakan kegiatan supervisi ini adalah salah satu metode rentang kendali PKK sebagai bentuk pelaksanaan program PKK demi menghadirkan gerakan PKK di tengah-tengah keluarga dan dilapisan masyarakat sebagai pendukung pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat.

"Ciptakan jaringan kemitraan yang luas kepada mitra PKK yang bersifat tidak mengikat dan tentunya terus menemukan berbagai inovasi dan juga menggali bentuk-bentuk kreatifitas yang lebih menarik," harapnya.

Dalam kegiatan itu, Pj. Ketua TP. PKK Kota Padangsidimpuan, Ny. Masroini Letnan Dalimunthe selaku memaparkan kegiatan-kegiatan TP. PKK Kota Padangsidimpuan adalah membantu program-program pemerintah dari memberikan penyuluhan kepada masyarakat baik dari bidang pendidikan, kesehatan dan pertanian.

"Dalam menjalankan kegiatan-kegiatan ini kami mengharapkan ilmu-ilmu dari bapak-ibu sekalian agar kami bisa menjalankan program-program ini dengan baik," ungkapnya.***