TOBA - Menyambut dan meriahkan perayaan HUT Kabupaten Toba ke 25, Pemerintah Kecamatan Laguboti melalui PKK Kecamatan menggelar lomba masak memasak, gedung aula kantor kecamatan Laguboti, Rabu (6/3/2024). Kegiatan memperlombakan berbagai jenis masakan khas tradisional Batak Toba dengan bumbu khas asli daerah.
 
Dalam lomba yang digelar tampak para peserta memamerkan hasil karya masakan masing-masing.
 
Menu masakan di antaranya menonjolkan masakan daging ayam napinadar, ikan mas naniura, daging ayam dan entok gota (namargota), ikan mas/mujahir natinombur, daging ayam panggang khas dengan bumbu andaliman, daging babi cincang/tanggo - tanggo jugs arsik daging babi, ikan mas/mujahir asik.
 
Selain itu ada juga berbagai minuman segar seperti jus timun, jeruk, buah naga, lemon tea, durian jus, jus markisa.
 
Camat Laguboti melalui Sekcam Riston Daniel Hutajulu menyebutkan peserta lomba masak memasak ini digelar anggota PKK 15 desa sekecamatan Laguboti dari 22 desa dan 1 Kelurahan se kecamatan Laguboti.
 
Nantinya para juara lomba yang digelar yakni juara 1, 2 dan 3 akan dibawa ke tingkat kabupaten untuk mengikuti kontes lomba masakan khas daerah tradisnal Batak Toba di perayaan hari jadi Kabupaten Toba ke 25 tahun 2024 yang akan digelar di Balige.
 
Lanjutnya, diperayaan nanti Kecamatan Laguboti akan membawa dan memamerkan berbagai hasil bumi yang dihasilkan masyarakat desa sekecamatan Laguboti seperti ubi, coklat, alpukat, jeruk, pisang mas, petai, durian, nenas, padi, jambu kelutuk, cabai, tomat, terong, bawang merah, jahe, kunyit, jagung, ikan mujahir/nila, ikan mas, lobster dan ikan lele jumbo serta beberapa hasil kerajinan karya UMKM binaan pemerintah Kecamatan Laguboti.
 
Ditambahkan Riston, panitia HUT dalam perayaan di tahun 2024 di bagi untuk 3 Zona perayaan yang dimulai pada hari Selasa, (5/3/2024) di Kecamatan Porsea sebagai tuan rumah untuk zona 2, dengan pesertanya Kecamatan Porsea, Uluan, Ajibata, Lumbanjulu, Bonatualunasi, Parmaksian dan Pintupohan Meranti.
 
Untuk perayaan HUT zona 3 di Parsoburan Kecamatan Habinsaran dengan pesertanya Kecamatan Habinsaran, Kecamatan Borbor dan Kecamatan Nassau digelar pada hari Kamis, (7/3/2024)
 
Kecamatan Laguboti menjadi peserta dipuncak perayaan sebagai zona 1 perayaan di tingkat Kabupaten pada hari Sabtu, 9 Maret 2024. Acara perayaan digelar di Veniu F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII Muliaraja Balige dengan peserta Kecamatan Balige, Siantar Narumonda, Laguboti dan Kecamatan Tampahan.sebut Riston.