MEDAN - PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) terus menunjukkan eksistensinya dalam mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sumatera Utara yang dikenal memiliki keragaman sumber daya alam dan budaya juga kulinernya banyak diminati masyarakat di Indonesia hingga manca negara. 
 
Salah satu produk kuliner yang menjadi daya tarik tersendiri berasal dari kota Padang sidimpuan, Sumatera Utara, buah salak yang diolah menjadi Bolu Salak Kenanga.
 
Produk ini hadir di Jalan Kenanga , Ujung Padang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, mewarnai kuliner Padangsidimpuan sejak 2017. 
 
Kuliner yang satu ini menjadi salah satu ikon dan andalan
oleh-oleh khas Padangsidimpuang. 
 
Manager Operasional Bolu Salak Kenanga, Aimie Harahap mengisahkan keberadaan kuliner ini bermula dari ownernya, Ali Muda Siregar yang sukses di Jakarta bingung untuk membawa oleh-oleh khas dari kampung halamannya, Padangsidimpuang. 
 
Biasanya Ali membawa salak sebagai "buah tangan" jika ke Jakarta. Sudah tentu dengan kondisi rentan busuk dan repot. 
 
Ali kemudian mensiasatinya dengan mengolah salak ini menjadi oleh-oleh yang praktis dan kekinian. 
 
Bekerja sama dengan petani salak untuk memenuhi pasokan bahan dasar utamanya, Ali akhirnya menghadirkan Bolu Salak Kenanga. 
 
"Alhamdulillah sampai saat ini berhasil mencuri perhatian pencinta kuliner, baik itu masyarakat Padangsidimpuan maupun pendatang untuk dijadikan oleh-oleh,” ungkap Aimie, Rabu (6/4/2024). 
 
Dijelaskannya, saat ini omset per bulannya dalam penjualan mencapai Rp150 juta, dengan harga per kotak besar yang original Rp 80 ribu dan kecil Rp 50 ribu. 
 
Selain menjadika bolu salak juga ice cream, dodol, kurma, agar-agar, sirup, kopi, cookies, pia  dan brownies salak crispy serta beragam kue kering yang semuanya berbahan dasar salak. 
 
Untuk memenuhi kebutuhan pasar hingga luar kota Padangsidimpuan dibutuhkan jasa kiriman yang mempunyai layanan hari ini kirim, esok sampai. 
 
Bolu Salak Kenanga memilih JNE yang memiliki layanan  Yakin Esok Sampai atau YES. 
 
Bolu Salak Kenanga, katanya memiliki ketahanan sama dengan bolu lain pada umumnya yaitu 2-3 hari dalam suhu normal. 
 
"Kami percayakan kepada JNE proses pengiriman luar kota  untuk pelanggan Bolu Salak Kenanga sejak 2022, sehingga 
kudapan ini semakin dikenal di luar daerah," sebutnya.