PALAS - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padanglawas (Palas) bersama Tim Kepatuhan, kunjungi tiga perusahaan untuk penyuluhan dan edukasi tentang pentingnya program layanan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja dan karyawan.

Tiga perusahaan yang dikunjungi antara lain,
EMP Tonga,Alam Petrolom Services dan PT Giga Putra Nusantara yang berada di wilayah Kecamatan Aek Nabara Barumun,Kabupaten Padanglawas(Palas).

Tim Kepatuhan terdiri dari, Tim Pengawas Pemeriksa BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palas, Kejaksaan Negeri Palas, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu(DPMPTSP) serta Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Palas.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Palas, Erwin Veri Siregar mengatakan, kunjungan tim kepatuhan ini dalam rangka penyuluhan sekaligus edukasi kepada pihak management perusahaan dan karyawan tentang pentingnya mematuhui BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, kata Erwin, tujuan kunjungan ini untuk memberikan informasi tentang program -program BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta.

"Kunjungan ini juga mengevaluasi sejauh mana pihak perusahaan telah mematuhui ketentuan yang ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan," terangnya,Jumat(1/3/2024).

Antara lain, tentang kepatuhan perusahaan, apakah telah melaporkan karyawan secara benar dan membayar kontribusi tepat waktu dan mematuhui peraturan lainnya.

Dikesempatan kunjungan,di tiga perusahan tersebut juga dilakukan pemberian rekomondasi berdasar hasil evaluasi kepada perusahaan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan BPJS Ketenagakerjaan.

Disisi lain,lanjut Erwin, tentang penyusunan laporan yang berisi hasil kunjungan,temuan, rekomondasi dan langkah-langkah yang direkomondasikan untuk diterapkan perusahaan.

Dan terakhir,memantau tindak lanjut dari perusahaan terhadap rekomondasi yang diberikan serta memberikan bantuan dan dukungan tambahan jika diperlukan,ungkapnya.

Humas PT.Giga Putra Nusantara, Abdul Rahman menjelaskan, bahwa seluruh karyawan sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan yang jumlah ssbanyak 90 orang.

Menimpali penjelasan Humas PT Giga Putra Nausantara, Kacab BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Palas,Erwin Veri Siregar menegaskan, pihak PT Giga Putra Nusantara juga wajib mendaftarkan tenaga kerja baru sejak pekerja tersebut bekerja di perusahaan untuk mengurangi resiko yang terjadi.

Selain itu,katanya, pihak perusahan yang mengunakan jasa pengangkutan dari CV Gloria, diharapkan pihak perusahaan bisa berkordinasi dengan CV Gloria untuk memastikan seluruh tenaga kerjanya terdaftar di program BPJS Ketenagakerjaan.

Ditempat terpisah, Humas EMP Tonga merupakan perusahaan nasional (SKK MIGAS),Hilman menjelaskan, bahwa EMP Tonga saat ini sedang melakukan pekerjaan di Kecamatan Aek Nabara Barumun,Kabupaten Palas.

"EMP Tonga memiliki kurang lebih 31 orang tenaga kerja (Inc. Lokal).Dan pihak EMP Tonga komitmen dan memastikan lagi seluruh pekerja terdaftar BPJS ketenagakerjaan," katanya.

Ditambahkan, untuk CSR dari EMP Tonga,harus koordinasi dengan SKK Migas wilayah Sumbagut ( Pekan Baru ).Pihaknya akan segera menyerahkan data pekerja kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Humas perusahaan PT Alam Petrolom Services(APS),Hafid mengakui, bahwa perusahaan belum mendaftarakan tenaga kerjanya ke dalam program ke BPJS Ketenagakerjaan.

Dikatakan, komitmen perusahaan mendaftarkan seluruh tenaga kerjanya paling lambat tanggal 6 Maret 2024.

Menanggapi penyataan Humas PT Alam Petrolom Services tersebut, Erwin Veri Siregar mengatakan,segala resiko yang timbul sebelum tengaa kerja terdaftar kedalam program BPJS Ketenagakerjaan menjadi tanggung jawab pihak perusahaan PT APS.

"Perusahaan wajib mendaftar ke dalam program JKT, JKM, JHT serta JKP," pungkasnya.